Jokowi Lantik Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto Sebagai Watimpres

| 17 Jul 2023 09:34
Jokowi Lantik Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto Sebagai Watimpres
Gandi Sulistiyanto Soeherman. (Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melantik dua anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) yaitu Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto Soeherman. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Sebelum dilantik, terlebih dahulu dibacakan surat Keputusan Presiden RI Nomor 63 P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Setelah dibacakan Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto Soeherman mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah, bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh penuh rasa tanggung jawab," ucap keduanya yang dipandu oleh Jokowi.

Acara pelantikan dihadir oleh sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju Seperti Mensesneg Praktikno, Menseskab Pramono Anung, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Lalu ada Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiryanto, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, dan Plt Ketua Umum PPP yang juga Utusan Khusus Presiden Muhamad Mardiono.

Sebagai informasi Djan Fardz merupakan mantan Menteri Perumahan Rakyat di era Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dia menjadi watimpres untuk menggantikan Muhamad Mardiono yang ditunjuk sebagai Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara Gandi Sulistiyanto sempat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. 

Rekomendasi