Ketiga Kalinya Jokowi Lantik Wamen BUMN, Kali Ini Rosan Roeslani

| 17 Jul 2023 10:18
Ketiga Kalinya Jokowi Lantik Wamen BUMN, Kali Ini Rosan Roeslani
Rosan Roeslani (Tengah) (Instagram Rosan Roeslani)

ERA.id - Presiden Joko Widodo melantik Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN). Ini merupakan ketiga kalinya Jokowi melantik wamen BUMN di periode kedua masa jabatannya.

Adapun Rosan dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

Setelah surat keputusan presiden dibacakan, Rosan kemudian mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah, bahwa saya, akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh penuh rasa tanggung jawab," ucap Rosan yang dipandu oleh Jokowi.

Acara pelantikan dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Wiranto, hingga Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

Sebagai informasi, Rosan Roeslani sempat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat sejak 2021 hingga 2023. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015 hingga 2020.

Rosan merupakan wamen BUMN ketiga yang dilantik oleh Presiden Jokowi. Dia kali ini menggantikan Pahala Nugraha Masury yang kini ditunjuk sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

Diketahui, Presiden Jokowi sempat melantik Budi Gunadi Sadikin sebagai Wamen BUMN, kemudian digantikan oleh Pahala Nugraha Masury sebagai wamen BUMN II.

Rekomendasi