Soal Peluang Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo, Gerindra: Paling Utama Yah Cak Imin

| 25 Jul 2023 06:00
Soal Peluang Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo, Gerindra: Paling Utama Yah Cak Imin
Prabowo Subianto dan Cak Imin (Antara)

ERA.id - Partai Gerindra menilai, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin paling berpeluang mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Hal tersebut menanggapi peluang Menteri BUMN Erick Thohir berpasangan dengan Prabowo di Pemilihan Presiden (PilpresP 2024.

"Kans paling utama untuk mendampingi Pak Prabowo, namanya Abdul Muhaimin Iskandar," tegas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani di Kantor DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (24/7/2023).

Dia lantas menyinggung bahwa hingga saat ini baru PKB yang menandatangani perjanjian kerja sama politik dengan Partai Gerindra untuk Pemilu 2024. Sehingga, wajar apabila Cak Iminn menjadi kandidat utama cawapres untuk Prabowo.

Sementara Erick Thohir, meskipun ditawarkan oleh PAN, namun partai besutan Zulkifli Hasan itu belum menentukan sikap politiknya.

"Sekarang yang sudah menandatangani kerja sama politik namanya PKB. Kalau PKB menyodorkan Adul Muhaimin Iskandar, ketum partainya menjadi cawapresnya Pak Prabowo sesuatu yang wajar. Karena itu kami mengatakan kans," kata Muzani.

Ketimbang berandai-andai kapan partai politik lain merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama Partai Gerindra dan PKB, Muzani menegaskan bahwa saat ini baru Partai Bulan Bintang yang terang-terangan menyampaikan dukungan ke Prabowo.

Menurutnya, wajar juga apabila ke depan PBB menyodorkan Ketua Umumnya Yusril Ihza Mahendra untuk dipilih sebagai cawapres pendamping Prabowo.

"Saya bicara hari ini, dan hari ini adalah Partai Bulan Bintang. Calonnya yang diusung namanya Prof Yusril," katanya.

Diketahui, belakangan Prabowo dan Erick kerap bersama-sama dengan Presiden Joko Widodo.

Pada akhir pekan lalu, Presiden Jokowi mengundanng Prabowo dan Erick ke Istana Bogor, Jawa Barat untuk makan dan berbincang.

Lalu pada Senin (17/7), Prabowo dan Erick bertemu di Kementerian Pertahanan.

Hari ini, Presiden Jokowi mengajak Prabowo dan Erick untuk melakukan kunjungan kerja ke PT Pindad (Persero). Prabowo bahkan menyetiri mobil Maung yang mengangkut Erick dan Presiden Jokowi.

Rekomendasi