Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PAN Minta Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Guru

| 26 Jul 2023 13:40
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, PAN Minta Pemerintah Perhatikan Kesejahteraan Guru
Seorang Guru SDN Lawinu Tanara, Sumba Timur, NTT, sedang mengajar di ruang kelas. (Antara)

ERA.id - Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki komitmen terus mendorong pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan guru demi menjamin kualitas pendidikan Tanah Air. PAN memahami, tinggi rendahnya kualitas pendidikan berada di tangan para guru.

"Masa depan anak-anak kita berada di tangan para guru sebagai tenaga pendidik. Maju mundurnya bangsa Indonesia tergantung kualitas pendidikannya. Maka dari itu saya mohon kepada pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan guru", kata Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Salah satu bukti konkret dorongan PAN adalah berhasilnya menyalurkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Madrasah. Hal ini merupakan bukti kepedulian PAN dalam memperhatikan dunia pendidikan secara umum dan madrasah sebagai lembaga sekolah Islam pada khususnya.

"Semoga dengan diberikannya Tunjangan Profesi Guru Madrasah, dapat meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik di lingkungan madrasah. Utamanya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," ucapnya.

Diberinya TGP tersebut karena PAN memandang madrasah mempunyai peran penting dalam memajukan bangsa. Pasalnya, madrasah selama ini terbukti berhasil melahirkan tokoh-tokoh negara yang berintelektual serta berakhlak tinggi

Oleh sebab itu, sebagai bentuk kepedulian, PAN menjadi pihak yang getol mempertahankan madrasah dalam RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) harus terus dipertahankan. Sebab, jika madrasah tidak diakui dalam Sisdiknas, akan membuatnya tidak terakomodir oleh sistem sehingga tidak akan diperhatikan secara baik pada nantinya.

“Kita harus mengawal, agar madrasah tetap menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional, karena memang begitu seharusnya,” kata Yandri

Rekomendasi