Elektabilitas Anies Paling Rendah Dibanding Prabowo dan Ganjar, JK Ingatkan Kemenangan Trump

| 31 Jul 2023 14:46
Elektabilitas Anies Paling Rendah Dibanding Prabowo dan Ganjar, JK Ingatkan Kemenangan Trump
Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla. (Antara)

ERA.id - Elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan di sejumlah lembaga survei tercatat paling rendah dibanding dua bacapres lainnya, yaitu Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) menyinggung kemenangan Donald Trump saat mencalonkan diri sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat.

"Trump juga rendah sekali elektabilitasnya menurut para peneliti, tapi Trump terpilih lho," kata JK saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/7/2023).

Menurutnya, gambaran elektoral para bacapres yang dipotret sejumlah lembaga survei tidak menjadi jaminan apakah seorang calon akan menang atau kalah dalam kontestasi.

"Tentu (survei) ada pengaruhnya, tetapi pilihan daripada 1.200 orang pada pemilih 205 juta itu tidak menggambarkan. Ada caranya tapi saya kira juga pasti tidak mutlak, tidak terlalu akurat," kata JK.

Dia lantas mencontohkan elektabilitas Anies saat menjadi calon gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2017. Dibandingkan pesaingnya, elektoral mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu paling rendah.

Namun, saat pemungutan suara berlangsung, hasilnya justru Anies berhasil mengalahkan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok yang memiliki elektabilitas tertinggi.

"Waktu di DKI juga Anies kan enggak kan. nomor 3 kan, tapi kemudian dia terpilih. Itu lebih kecil kurang lebih 7 juta pemilih diwakili 1200. Apalagi 1200 yang disurvei dengan jumlah pemilih 205 juta itu kan tidak mudah membawa ke situ," ujar JK.

Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, terdapat tiga nama yang digadang-gadang bakal maju, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Adapun Ganjar resmi diusung PDI Perjuangan dan mendapat dukungan dari PPP, Partai Hanura, dan Perindo. Sedangkan Anies diusung Partai NasDem, Demorkrat dan PKS lewat Koalisi Perubahan.

Sejumlah lembaga survei mencatat, elektabilitas Prabowo masih kerap menduduki puncak, disusul Ganjar dan Anies.

Rekomendasi