Cak Imin: Kalau Saya Berhasil itu Karena Produknya Gus Dur

| 04 Aug 2023 18:36
Cak Imin: Kalau Saya Berhasil itu Karena Produknya Gus Dur
Haul Gus Dur di Kantor DPP PKB Jakarta Pusat. (Gabriella/ERA)

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskadar alias Cak Imin mengaku dirinya merupakan produk dari Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Tentunya, keberhasilannya saat ini tidak lepas dari peran Gus Dur.

Hal itu disampaikan dalam acara Haul Gus Dur yang digelar di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Awalnya, Cak Imin menceritakan kedekatannya dengan Gus Dur. Bahkan, dia mengklaim sebagai asisten informal karena kerap digandeng ke berbagai acara oleh Gus Dur.

"Saya ini termasuk asisten informal, jadi saya diajak terus oleh Gus Dur di semua event. Mulai dari ke NU-an, ke forum demokrasi, ke pemerintahan," katanya. 

Oleh karena itu, pencapaiannya saat ini apabila dianggap berhasil tidak terlepas dari peran Gus Dur. Dia lantas minta didoakan supaya terus menjadi orang yang berhasil sesuai dengan keinginan Gus Dur.

"Saya ini betul-betul kalau berhasil itu memang produk Gus Dur, kalau berhasil, tapi kalau gagal ya aslinya memang begitu kira-kira begitu, jadi mohon doanya semoga berhasil sesuai dengan cita-cita Gus Dur," ucap Cak Imin.

Dia lantas mencontohkan mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil juga merupakan produk Gus Dur. Menurutnya, Said Aqil pernah diramalkan bakal memimpin organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Namun, Gus Dur punya cara sendiri dalam mendidik para tokoh tersebut. Menurutnya, Gus Dur tak segan-segan menggembleng dengan keras.

"Kalau jadi itu memang produk Gus Dur. Contoh produk Gus Dur itu Kiai Said Aqil Siradj itu produk Gus Dur. Jauh hari digebukin Gus Dur dimarahin Gus Dur, tapi sambil dikasih anu masa depan 'sampeyan nanti jadi ketua umum PBNU' sudah jauh hari itu sudah disiapkan oleh Gus Dur," kata Cak Imin.

"Jadi kira-kira Gus Dur ingin ngomong gini tapi gak langsung sampeyan tak gebuki sek sebelum jadi ketua umum PBNU kira-kira gitu," pungkasnya.

Rekomendasi