PSI: Bila Diizinkan, Kami Akan Datang ke Kantor DPP PDIP

| 05 Aug 2023 06:03
PSI: Bila Diizinkan, Kami Akan Datang ke Kantor DPP PDIP
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha. (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mengatakan, partainya sudah lama ingin bersilaturahmi dengan semua partai politik, termasuk PDI Perjuangan.

Hal tersebut merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait sikap partainya ke PSI.

"Dari dulu kami sangat ingin bersilaturahim dengan semua partai apapun," kata Giring melalui keterangan tertulis, Jumat (4/8/2023).

Dia mengatakan, apabila diizinkan dan diperbolehkan, PSI siap datang ke kantor DPP PDIP. Selain bersilaturahmi, partainya juga akan banyak belajar dari partai yang lebih senior.

Secara khusus, Giring menyampaikan salam hormatnya kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Bila diizinkan, kami akan datang ke kantor DPP PDIP. Bila dibolehkan kami akan berdiskusi dan belajar dan menimba pengalaman. Salam hormat saya buat Bu Mega," katanya.

Lebih lanjut, Giring memberi sinyal bahwa PSI akan menjalin komunikasi dengan Puan. Partainya memahami bahwa tugas untuk menjalin kerja sama maupun komunikasi politik dari PDIP dilimpahkan kepada Puan.

Giring menegaskan, PSI sangat menghormati Puan dan memastikan partainya akan lebih dulu datang berkunjung.

"PSI sangat menghormati Mbak Puan Maharani. InsyaAllah kami yang akan datang ke PDIP," kata Giring.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan, partainya tidak pernah menutup pintu komunikasi dan silaturhami dengan partia politik mananpun.

"Apa yang disampaikan tadi bahwa sepertinya PDI Perjuangan tidak membuka pintu, kemudian PDI Perjuangan tidak mau melakukan komunikasi, kan bisa dilihat bahwa saya selalu membuka pintu," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Puan mengatakan, selama ini dirinya ditugaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk berkomunikasi dengan partai-partai politik.

Namun, pertemuan ataupun komunikasi antar partai politik itu hanya bisa terjadi apabila ada undangan.

Dia menegaskan, tidak mungkin mendatangi suatu partai politik tanpa ada komunikasi sebelumnya.

"Saya kan enggak bisa juga ujuk-ujuk datang, tapi kemudian enggak ada prolog yang ingin disampaikan bahwa menginginkan pertemuan atau menginginkan kehadiran," kata Puan.

"Pertemuan itu hanya bisa terjadi kalau kedua belah pihak itu sama-sama menginginkan adanya pertemuan," tegasnya.

Ketua DPR RI itu kembali menegaskan, PDIP tak pernah menutup pintu komunikasi dengan siapapun, termasuk PSI.

"PDI Perjuangan intinya adalah selalu membuka pintu, siap melakukan komunikasi, dan silaturahmi," tegas Puan.

Adapun pernyataan itu menanggapi sikap PSI yang merasa tak direspons oleh PDI Perjuangan soal arah dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024. Belakangan, partai besutan Giring Ganesha itu bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Rekomendasi