Parpol Pendukung Ganjar Tak Gentar Hadapi "Koalisi Gemuk" Prabowo

| 13 Aug 2023 20:45
Parpol Pendukung Ganjar Tak Gentar Hadapi
Politisi PPP Muhammad Romahurmuziy (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy mengatakan, partai politik pendukung Ganjar Pranowo tak gentar dengan koalisi gemuk pendukung Prabowo Subianto. Sebab sudah pernah menghadapinya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Pada Pilpres 2014, Prabowo mendapat dukungan enam partai politik di parlemen. Sementara Joko Widodo hanya didukung empat partai parlemen yaitu PDI Perjuangan, NasDem, PKB, dan Hanura.

"PPP dan PDIP yang sudah menentukan dukungan kepada Ganjar ya saya katakan tadi tidak gentar karena hal yang serupa bahkan sudah lebih banyak lagi pernah dilakukan dukungan partai-partai politik pada Pak Prabowo," kata Rommy di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).

Dia meyakini, Ganjar masih berpeluang memperoleh banyak dukungan. Terlebih, pada September mendatang, Ganjar resmi menyelesaikan jabatannya sebagai gubernur Jawa Tengah.

Menurutnya, Ganjar lebih leluasa mengumpulkan dukungan, khususnya di Jawa Tengah, setelah jabatan kepala daerah tak lagi melekat.

"Tentu rally yang beliau lakukan sebagai seseorang yang tidak lagi memiliki jabatan, tidak terbatasi lagi antara Sabtu dan Minggu saja. Tapi sudah sepanjang tujuh kali seminggu, 24 jam sehari, sehingga memang kami meyakini akan ada rebound dukungan atas safari yang beliau lakukan," ucapnya.

Rommy juga tak terlalu khawatir dengan dukungan di parlemen apabila Ganjar terpilih sebagai presiden kedelapan RI. Menurutnya, sejumlah kepala negara juga pernah tetap berhasil memimpin meskipun partai politik pendukungnya di parlemen sedikit.

"Pada dasarnya, setiap pemenangan pemilu itu tidak memiliki kesulitan yang berarti dan itu dibuktikan oleh Pak SBY, dibuktikan oleh Pak Jokowi, untuk mendapatkan dukungan mayoritas di parlemen," ucap Rommy.

Karena pada dasarnya, semua partai politik memiliki peluang untuk dirangkul pada saatnya nanti Mas Ganjar menang," imbuhnya.

Diketahui, Partai Golkar dan PAN baru saja memutuskan bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Deklarasi dukungan digelar di halaman belakang Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu (13/8) pagi.

Dengan begitu, Prabowo didukung empat partai politik parlemen yaitu Gerindra, Golkar, PKB, dan PAN.

Rekomendasi