Ada HUT RI di Monas, Dishub DKI Alihkan Sejumlah Rute Angkutan Umum

| 17 Aug 2023 06:00
Ada HUT RI di Monas, Dishub DKI Alihkan Sejumlah Rute Angkutan Umum
Anggota Paspampres mengendarai Kereta Kencana Ki Jaga Raksa yang membawa duplikat Bendera Pusaka Merah Putih di Monas (Antara)

ERA.id - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengalihkan sejumlah rute angkutan umum selama berlangsung Kirab Bendera Pusaka di Monas, Jakarta Pusat, saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI pada Kamis (17/8).

"Ada layanan angkutan umum yang terdampak rekayasa lalu lintas pada saat acara berlangsung dan mengalami pengalihan pada saat HUT Ke-78 RI," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (16/8/2023) dikutip dari Antara.

Untuk menunjang kegiatan Kirab Bendera Pusaka pada pagi hari akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 07.00 sampai 11.00 WIB atau bersifat situasional.

Syafrin juga menyebutkan, Kirab Bendera Pusaka kembali dilakukan sore hari sehingga  akan dilakukan rekayasa lalu lintas mulai pukul 15.00 sampai 19.00 WIB atau bersifat situasional.

Adapun layanan angkutan umum yang terkena pengalihan antara lain layanan BRT rute Blok M-Kota dengan kode Rute 1.

TransJakarta dari arah Utara (Harmoni) menuju ke arah Selatan (Blok M) dialihkan melalui Jalan Suryopranoto- Jalan Balikpapan-Jalan Cideng Timur-Jalan Cideng Barat-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin dan seterusnya.

Kemudian TransJakarta dari arah Selatan (Blok M) menuju ke arah Utara (Harmoni) dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit sisi Barat dan seterusnya.

Lalu layanan BRT, yakni bus wisata rute Pulo Gadung-Monas, Kalideres-Monas, Pulo Gadung-Rawa Buaya, Juanda-Bundaran HI, Monas-JIExpo dan Monas-PIK dengan kode rute 2, 3, 2A, 2ST, 2C, BW2, BW4 serta BW9 juga dialihkan.

"Dialihkan melalui Jalan Ir H Juanda- Kalideres-Monas Jalan Majapahit-Jalan Medan Merdeka Barat dan seterusnya," ujar Syafrin.

Untuk para pengguna kereta api jarak jauh yang akan menuju Stasiun Gambir, kata Syafrin, agar dapat menyesuaikan waktu perjalanannya.

Rekomendasi