Megawati ke Jokowi: Bubarkan Saja KPK itu Pak, Enggak Efektif

| 22 Aug 2023 10:42
Megawati ke Jokowi: Bubarkan Saja KPK itu Pak, Enggak Efektif
Megawati Soekarno Putri dan Presiden Jokowi. (Antara)

ERA.id - Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri mengaku, meminta Presiden Joko Widodo membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kaena dianggap tidak efektif.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara acara Sosialisasi Buku Teks Utama Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (21/8).

"Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, sudah deh bubarkan saja KPK itu pak, menurut saya enggak efektif," kata Megawati.

Alasannya karena dia merasa gemas dengan penegakan hukum di Indonesia yang tidak berjalan baik. Karena kenyataannya, praktik korupsi tetap ada.

"Lihat noh rakyat yang masih miskin, ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga, bohong kalau enggak kelihatan. Persoalannya, penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum di Indonesia ini yang susah payah saya buat, itu persoalannya," kata Megawati.

Hal lainnya yang membuat dia kesal yaitu, pemerintah masih tetap memunggut pajak kepada masyarakat untuk kepentingan negara. Padahal, banyak kasus uang pajak justru disalahgunakan.

"Untuk apa dia mejeng-mejeng doang. Coba bayangkan, rakyat kan kasihan disuruh bayar pajam itu kalau kita dengerin merintih saya, sudah gitu katanya orang pajak 'ya ini kan harus dinayar untuk negara', gile kata gue, padahal sudah ditilep," kata Megawati.

Presiden kelima RI itu tak masalah apabila pernyataannya dianggap terlalu terus terang. Dia lantas menyinggung bahwa KPK adalah lembaga negara yang didirikannya.

"Ibu nih kalau ngomong ces pleng. Lho aku sinh ngawe (aku yang buat) kok," pungkasnya.

Rekomendasi