Sisi Lain Kemarau dan Polusi Udara: Penjualan Layangan Naik 4,5 Kali Lipat, Layangan Koang 6 Kali Lipat

| 22 Aug 2023 17:16
Sisi Lain Kemarau dan Polusi Udara: Penjualan Layangan Naik 4,5 Kali Lipat, Layangan Koang 6 Kali Lipat
Ilustrasi anak bermain layangan (ANTARA/Pexels/Quang Nguyen Vinh)

ERA.id - Musim kemarau yang terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia berlangsung pada Juli-Agustus 2023 mendorong beberapa produk kelengkapan cuaca panas menjadi makin laris di Tokopedia.

Salah satunya adalah tren pembeli layangan online yang naik 4,5 kali lipat di Tokopedia.

Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega dalam keterangan yang diterima Selasa, mengatakan tren penjualan layangan di Tokopedia meningkat pesat dibandingkan rata-rata transaksi bulanan sepanjang 2023.

“Selama puncak musim kemarau yang panas di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan di Tokopedia sepanjang 2023, penjualan layangan meningkat hampir 4,5 kali lipat,” ujar Antonia dikutip dari Antara, Selasa (22/8/2023).

Penjualan beberapa jenis layangan pun laris manis. Misalnya, penjualan layangan hias melonjak hampir 2,5 kali lipat, sedangkan layangan koang lebih dari 6 kali lipat.

Penjualan gelasan layangan di sisi lain melonjak lebih dari 6 kali lipat. Tokopedia juga mencatat, Lampung, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan adalah beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi transaksi produk layangan dengan rata-rata kenaikan lebih dari 6 kali lipat.

Beberapa UMKM lokal perajin layangan di Tokopedia, seperti DealzBunny dan Warung Yoga, mengalami kenaikan penjualan hingga berkali lipat di puncak musim kemarau.

Selain itu, Antonia mengungkapkan penjualan produk yang berkaitan dengan voli melonjak hampir 2 kali lipat. Selain voli, aktivitas camping juga makin dilirik.

Data internal Tokopedia menunjukkan, survival kit, tenda, senter camping, alat masak camping dan sleeping bag menjadi perlengkapan camping paling populer.

“Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk aktivitas outdoor seperti camping dan voli di Tokopedia dengan mudah dan terjangkau karena ada diskon hingga 70% di halaman Sportacular,” tambah Antonia.

Selain itu, penjualan sayur dan buah juga mengalami peningkatan hampir 2 kali lipat karena membantu tubuh tetap terhidrasi, khususnya di musim kemarau yang panas.

Di musim kemarau bercuaca panas, camilan manis nan menyegarkan seperti es krim menjadi lebih digemari.

Antonia mengatakan di Tokopedia, makanan ringan seperti es krim, puding dan jelly mengalami peningkatan transaksi lebih dari 2 kali lipat selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023.

“Masyarakat bisa mengunjungi Tokopedia NYAM! untuk mendapatkan makanan dan minuman siap santap termasuk di musim kemarau supaya tidak perlu panas-panasan keluar rumah. Pesanan bisa dikirim dalam waktu sesuai preferensi termasuk same day maupun instan,” kata Antonia.

Data internal Tokopedia juga menunjukkan, penjualan buku naik hampir 4 kali lipat selama puncak musim kemarau di bulan Juli 2023, dibandingkan transaksi rata-rata bulanan sepanjang 2023.

Antonia mengatakan melalui kampanye Bookarnaval, Tokopedia mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai buku dengan promo menarik, mulai dari flash sale dan diskon sampai 90 persen.

Rekomendasi