Pemprov DKI Lakukan Penyiraman Tanaman agar Suhu Tetap Sejuk Jelang KTT ASEAN

| 23 Aug 2023 17:55
Pemprov DKI Lakukan Penyiraman Tanaman agar Suhu Tetap Sejuk Jelang KTT ASEAN
Kendaraan operasional gabungan Pemprov DKI dan Polda Metro menyiram tanaman dan ruas jalan protokol (Antara)

ERA.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penyiraman tanaman dan ruas jalan protokol untuk menjaga suhu kota tetap sejuk menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023.

"Kami berharap dengan adanya penyiraman tanaman menggunakan air hasil olahan dari Paljaya dapat menjaga kesuburan tanaman agar semakin berkembang dan menghasilkan oksigen yang baik bagi masyarakat," kata Kepala Bidang Jalur Hijau Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta Herlina Merinda saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (23/8/2023) dikutip dari Antara.

Penyiraman tanaman dilakukan dengan mengerahkan 10 unit mobil tangki dari sekitar Istana Merdeka. Lalu ke Jalan Medan Merdeka Barat (Patung Kuda) di Jakarta Pusat dan berakhir di Bundaran Senayan (Patung Pemuda) di Jakarta Selatan.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bekerjasama dengan Perusahaan Umum Daerah Pengolahan Air Limbah Jaya dalam menyediakan air limbah yang sudah diolah sehingga tidak berbau untuk penyiraman tersebut.

Kegiatan penyiraman jalan ini dipimpin Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta Arifin yang diawali apel bersama di Silang Barat Monas.

Kegiatan penyiraman ini dilakukan di kedua sisi jalan yang dilakukan puluhan personel dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Distamhut dan Polri.

​​​​​​Kendaraan operasional gabungan yang dikerahkan berasal dari Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya, yakni empat watercanon, empat mobil pemadam kebakaran serta 10 mobil tangki Distamhut Provinsi DKI Jakarta.

Pihaknya menggunakan pasokan air dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Setiabudi. "Jadi, kami tidak mengambil pasokan air tanah untuk giat penyiraman jalan protokol hari ini," katanya.

Pihaknya akan terus berupaya menyajikan Kota Jakarta lebih bersih, cantik, nyaman dan sehat.

Selain itu, penyiraman tanaman juga sebagai upaya Pemprov DKI dalam memastikan ekosistem pepohonan dan tanaman di Ibu Kota tetap tumbuh dengan baik pada saat terjadi El Nino yang menyebabkan kemarau panjang.

Rekomendasi