BNPB Sebut 70 Persen Bencana Sepekan Didominasi Hidrometeorologi Kering, Masuki Puncak Kemarau

| 06 Sep 2023 06:08
BNPB Sebut 70 Persen Bencana Sepekan Didominasi Hidrometeorologi Kering, Masuki Puncak Kemarau
Tangkapan layar- Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti daring di Jakarta, Selasa (5/9/2023). ANTARA/Devi Nindy

ERA.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 70 persen kejadian bencana selama sepekan 28 Agustus hingga 3 September 2023 didominasi hidrometeorologi kering.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti daring di Jakarta, Selasa, mengatakan terdapat 46 kali kejadian bencana yang dilaporkan dari daerah, sebanyak 32 kejadian di antaranya merupakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Artinya, 70 persen kejadian bencana kita didominasi oleh hidrometeorologi kering,” ujar Abdul dikutip dari Antara, Selasa (5/9/2023).

Ia mengatakan angka tersebut masih belum merepresentasikan kejadian bencana pada pekan tersebut. Sebab ada yang tidak terlaporkan dan kejadian bencana karhutla telah teratasi.

Selain itu, fenomena yang terjadi pada pekan tersebut yakni kebakaran yang terjadi di kawasan yang lebih luas dan lebih terbuka seperti kaki gunung.

“Ini menjadi atensi kita karena akan sangat banyak kerugian ekologis yang bisa dialami,” ujar Abdul.

Ia menyebutkan laporan kejadian tersebut menunjukkan Indonesia telah memasuki puncak kemarau. Titik api diharapkan dapat berkurang pada transisi dari musim kemarau menuju awal musim hujan pada Oktober 2023.

Menurut dia, kejadian banjir masih terjadi di beberapa lokasi, khususnya Pulau Sumatera dari bagian tengah ke utara, yang dipengaruhi oleh fenomena-fenomena regional yang menyebabkan terjadinya akumulasi awan.

"Hal tersebut dapat menyebabkan intensitas hujan cukup tinggi ini yang kemudian masih terjadi banjir di beberapa tempat," katanya.

Rekomendasi