Ganjar Mau Gaji Guru Rp30 Juta, PDIP: Bukan Tidak Mungkin

| 13 Sep 2023 10:26
Ganjar Mau Gaji Guru Rp30 Juta, PDIP: Bukan Tidak Mungkin
Ganjar Pranowo (Dok. Ganjar)

ERA.id - Politikus PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira mengatakan Ganjar Pranowo mengusulkan gaji guru mencapai Rp30 juta per bulan agar para guru bisa hidup dengan layak.

"Gagasan ini (gaji guru Rp30 juta) merupakan terobosan untuk memberikan apresiasi yang pantas kepada profesi guru," kata Andreas, Selasa kemarin.

Andreas mengatakan peran guru untuk pembangunan sumber daya manusia sangat penting, namun profesi guru yang menjadi elemen terpenting dalam proses pendidikan belum mendapat perhatian yang layak.

Menurut dia, Ganjar memahami pentingnya pembangunan SDM yang salah satunya peningkatan di aspek pendidikan dan kalau bicara pendidikan, tentu gaji dan tunjangan guru menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

"Mas Ganjar melihat pentingnya pembangunan. Kalau bicara pembangunan SDM tentu bicara tentang pendidikan, dan bicara pendidikan, tentu gaji dan tunjangan guru menjadi core subject pendidikan," ujarnya

Andreas juga mengomentari tantangan dari pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisaksi Trubus Rahardiansyah agar Ganjar menjelaskan secara lebih rinci gagasan itu.

Menurut dia, tantangan itu bagus untuk memacu semua pihak berpikir dan membuat kebijakan yang pro pembangunan pendidikan.

"Karena kalau perintah Undang-Undang Dasar, 20 persen APBN dialokasikan untuk pendidikan, seharusnya ini bukan tidak mungkin," kata Andreas.

Rekomendasi