Kapolda Papua Ingatkan Tokoh Politik Tak Gunakan KKB untuk Pemilu 2024

| 18 Sep 2023 17:46
Kapolda Papua Ingatkan Tokoh Politik Tak Gunakan KKB untuk Pemilu 2024
Ilustrasi KKB (Antara)

ERA.id - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri meminta para tokoh atau pelaku politik agar jangan menggunakan kelompok bersenjata dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saya minta dan berharap para tokoh politik tidak menggunakan kelompok bersenjata saat pelaksanaan Pemilu 2024, sehingga dapat dilaksanakan dengan aman," kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri pada pertemuan dengan pihak KPU, Bawaslu dan pimpinan partai politik se-Papua Tengah di Nabire, Senin (18/9/2023) dikutip dari Antara.

Kapolda Papua bersama Kapok Sahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi dan Wakil Kepala BIN Daerah Papua Kol Inf Leo Lajendra serta Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk saat melakukan safari Pemilu 2024 di Papua Tengah mengatakan bahwa laporan yang diterimanya terungkap biasanya kelompok bersenjata digunakan untuk mengintimidasi calon atau warga saat pelaksanaan Pemilu 2024.

"Pemilu 2024 diharapkan dapat berlangsung tanpa adanya intimidasi dari kelompok bersenjata karena itu dibutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat. Dengan dukungan penuh dari masyarakat yang diharapkan aktif saat pemilu," ujar Fakhiri.

Kapolda Papua juga berharap agar pemilu dijadikan momentum pelaksanaan pesta demokrasi yang dalam pelaksanaannya diharapkan warga yang mempunyai hak pilih dapat memilih secara langsung.

Menurut dia, sistem noken yang sebelumnya menggantikan fungsi kotak suara sudah berubah dalam pelaksanaannya, bahkan sisa surat suara seringkali menjadi rebutan hingga menyebabkan gangguan keamanan yang tidak saja menimbulkan korban jiwa, tetapi juga harta benda.

"Mari kita bersama-sama membenahi agar proses demokrasi dapat benar-benar dilaksanakan sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini, " ujar Kapolda Papua.

Sementara itu, Kapok Sahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Achmad Fauzi menyatakan Kodam XVII/Cenderawasih siap mendukung Polda Papua dalam mengamankan pelaksanaan pemilu.

Fauzi menyebut sebanyak 1.925 prajurit TNI yang disiagakan untuk diperbantukan ke Polda Papua selama Pemilu 2024.

"Jumlah tersebut termasuk prajurit yang tergabung dalam satuan tugas di lingkungan Kodam XVII/Cenderawasih," ujar Brigjen TNI Achmad Fauzi.

Rekomendasi