Presiden Jokowi Ajak Penggiat Seni Berkeliling IKN, Sekalian "Endorse"?

| 22 Sep 2023 21:34
Presiden Jokowi Ajak Penggiat Seni Berkeliling IKN, Sekalian
Presiden Joko Widodo bersama para penggiat seni di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengajak sejumlah penggiat seni berkeliling kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat, kunjungan itu dimulai dari Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), di mana Jokowi berkumpul terlebih dahulu dengan para penggiat seni sambil makan siang bersama.

Selanjutnya, Jokowi bersama para penggiat seni mengunjungi lokasi pembangunan kantor presiden di IKN. Di sana, Jokowi menjelaskan mengenai progres pembangunan hingga menunjukkan letak istana baru presiden yang bisa dilihat secara jelas dari atas bangunan kantor presiden.

Melihat hal tersebut, sejumlah penggiat seni merasa takjub dengan progres pembangunan IKN. Salah satunya, penyanyi rap Ignatius Rosoinaya Penyami atau Saykoji yang mengaku kagum dengan bentuk IKN yang dilihatnya secara langsung.

"Saya kagum karena kalau kami enggak jalan ke sini, kami enggak bisa langsung lihat sampai skala apa sudah dibangun," kata Saykoji dikutip dari Antara, Jumat (22/9/2023).

Selain itu, Saykoji juga mengungkapkan keyakinannya melihat IKN untuk masa depan Indonesia.

"Rasanya, ada optimisme yang besar untuk Indonesia, untuk masa depan Indonesia, untuk kepemimpinan Indonesia," tambahnya.

Saykoji juga berharap IKN bisa menjadi pusat pemerintahan yang bisa membangun bangsa Indonesia.

"Semua orang (bisa) melihat bahwa Indonesia juga bisa dibangun secara merata," kata Saykoji.

Senada dengan Saykoji, aktris Asri Welas pun mengaku bangga karena Indonesia akhirnya bisa mulai melaksanakan pemerataan pembangunan.

"Aku bangga banget jadi orang Indonesia, di mana (ada) pemerataan. Saya rasa ini waktu yang tepat untuk ada di sini," kata Asri.

Sementara itu, Aurelie Moeremans mengaku antusias ingin segera melihat hasil akhir dari pembangunan IKN.

"Dengar dari Pak Jokowi, katanya bulan Agustus (2024) bakal jadi dan aku sudah semangat banget, sih, benar-benar nggak sabar banget pengin lihat hasilnya," ujar Aurelie.

Usai meninjau lokasi kantor presiden, Jokowi kemudian mengajak para penggiat seni untuk mengunjungi sejumlah infrastruktur lainnya, yaitu Sumbu Kebangsaan Barat, area istana presiden, dan menuju bukit untuk menunjukkan pemandangan IKN dari atas.

Rekomendasi