Bicara Capres Usungan PSI, Kaesang: Saya Sama Pak Prabowo dan Pak Ganjar Dekat

| 26 Sep 2023 09:46
Bicara Capres Usungan PSI, Kaesang: Saya Sama Pak Prabowo dan Pak Ganjar Dekat
Kaesang Pangarep (Antara)

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan, memiliki kedekatan dengan bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo.

Hal tersebut menanggapi siapakah bacapres yang akan diusung PSI pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Saya sama Pak Prabowo ya Alhamdulillah dekat. Sama Pak Ganjar kemarin juga ketemu di (festival musik) Pesta Pora," kata Kaesang di Djarata Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

Dia juga mengaku sudah berkomunikasi dengan Prabowo maupun Ganjar soal arah dukungan politiknya maupun PSI pada Pilpres 2024.

"Pilihannya yang mana, ya nanti. Kebetulan kan keduanya sudah datang juga ke podcast saya juga, sudah ngobrol pirbadi juga," katanya.

Namun, PSI belum menentukan arah dukungan terhadap salah satu bacapres tertentu. Kaesang mengatakan, akan mendengarkan aspirasi dari akar ramput partainya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu menekankan, siapapun bacapres yang akan diusung nantinya adalah sosok yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan PSI.

"Kita masih berkoordinasi dengan seluruh DPD dan DPW, mereka inginnya apa. Kita juga sambil menunggu siapa yang terbaik untuk kita dukung ke depannya. Balik lagi, yang penting siapa yang kita dukung itu visi dan misinya sama dengan PSI," tegas Kaesang.

Sambil berkelakar, Kaesang mengatakan, dukungan dari PSI terhadap salah satu kandidat bacapres tidak terlalu diperhitungkan. Dia menyadari bahwa partainya merupakan partai kecil yang tidak memiliki kursi di Senayan.

"Lagian kita juga bisa dibilang, dan memang partai kecil, mereka memang masih butuh suara kita? Kita kemarin berapa persan saja belum lolos parlementary threshold, bukan hal yang signifikan juga," kata Kaesang.

Dalam pidato perdananya sebagai ketua umum PSI, Kaesang sempat menyinggung soal arah dukungan politik partainya pada Pilpres 2024. Saat itu, banya kader partai berlambang bunga mawar itu yang meneriakan nama Prabowo.

Namun alih-alih mengumumkan, Kaesang meminta para kadernya untuk bersabar dan tidak terburu-buru menentukan arah dukungan.

"Izinkan saya menyampaikan dukungan capres PSI di 2024 adalah, sabar to, sabar. Kita tuh pelan-pelan dulu, ojo kesusu. Beri kami waktu untuk mendengar langsung dan merasakan denyut akar rumput, baru kita tentukan arah kemenangan kita," kata Kaesang.

Meskipun belum resmi menentukan arah dukangan politik pada Pilpres 2024, sejumlah elite PSI kerap terlihat dalam berbagai acara deklarasi dukungan terhadap Prabowo.

Teranyar, Wakil Ketuas Dewan Pembina PSI Grace Natalie terlihat menghadiri pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Ketua Mahkamah Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Hambalang, Sentul, Jawa Barat.

Rekomendasi