Jadi Ketum PSI, Gerindra Ajak Kaesang Ikut Dukung Pencapresan Prabowo Subianto

| 26 Sep 2023 12:52
Jadi Ketum PSI, Gerindra Ajak Kaesang Ikut Dukung Pencapresan Prabowo Subianto
Wakil Ketua Komisi III Habiburokhman. ANTARA/Laily Rahmawaty

ERA.id - Partai Gerindra memberi sinyal ajakan kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Hal ini mnanggapi pengangkatan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI yag ketiga menggantikan Giring Ganesha.

"Kami berharap dengan bergabungnya Mas Kaesang ke PSI, ya siapa tahu, bisa membawa PSI secara konkret dan secara resmi mendukung Pak Prabowo sebagai capres 2024," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Dia lantas menyinggung kedekatan antara Kaesang dan Prabowo. Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu disebut sampai memiliki kaos bergambar Prabowo.

"Kami berharap kan Mas Kaesang ini memiliki kedekatan dengan Pak Prabowo, kita tahu kan, bahkan Mas Kaesang ini punya t-shirt bergambar Pak Prabowo, beberapa kali dipakai," kata Habiburokhman.

Di samping itu, Partai Gerindra menyambut baik terpilihnya Kaesang sebagai ketua umum PSI. Langkah tersebut dinilai sejalan dengan keinginan Prabowo yang mengharapkan banyak anak muda terlibat di dunia politik.

Partai Gerindra, kata Habiburokhman, tak mau mengaitkan bergabungnya Kaesang ke PSI menjadi sinyal langkah politik Presiden Jokowi akan satu gerbong dengan Prabowo.

"Ya enggak tahulah kalau dikaitkan dengan Pak Jokowi, tapi ya kami melihat hal yang positif lah dengan bergabungnya Mas Kaesang ke PSI," katanya.

"Kami berharap dengan Mas Kaesang jadi ketum, bisa membuat PSI mendukung pak Prabowo menjadi presiden 2024," imbuh Habiburokhman.

Diketahui, Dewan Pembina PSI memberikan mandat kepada Kaesang sebagai ketua umum PSI yang ketiga menggantikan Giring Ganesha. Mandat itu diberikan dalam forum Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat pada Senin (25/9) malam.

Jabatan ketua umum ini hanya berselang dua hari sejak Kaesang memutuskan bergabung dengan PSI pada Sabtu (23/9).

Ditemui usai Kopdarnas, Kaesang mengaku dekat dan menjalin komunikasi baik dengan Prabowo maupun Ganjar Pranowo.

"Saya sama Pak Prabowo ya Alhamdulillah dekat. Sama Pak Ganjar kemarin juga ketemu di (festival musik) Pesta Pora," kata Kaesang di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Dia juga mengaku sudah berkomunikasi dengan Prabowo maupun Ganjar soal arah dukungan politiknya maupun PSI pada Pilpres 2024.

Namun, PSI belum menentukan arah dukungan terhadap salah satu bacapres tertentu. Adapun dalam sejumlah kesempatan, partai berlambang bunga mawar ini kerap hadir bersama Prabowo, teranyar saat kunjungan Partai Demokrat ke Hambalang.

Kaesang mengatakan, akan mendengarkan aspirasi dari akar ramput partainya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu menekankan, siapapun bacapres yang akan diusung nantinya adalah sosok yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan PSI.

"Kita masih berkoordinasi dengan seluruh DPD dan DPW, mereka inginnya apa. Kita juga sambil menunggu siapa yang terbaik untuk kita dukung ke depannya. Balik lagi, yang penting siapa yang kita dukung itu visi dan misinya sama dengan PSI," tegas Kaesang.

Rekomendasi