Hasto Akui Gibran Dilirik untuk Jadi Cawapres Prabowo

| 30 Sep 2023 20:30
Hasto Akui Gibran Dilirik untuk Jadi Cawapres Prabowo
Sekretaris Jenderal PDI Perjuagan, Hasto Kristiyanto, di sela-sela acara Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2023). (Sachril/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ternyata pernah menyampaikan kepada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, jika ia dilirik menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Kata Hasto, Gibran tak merinci apakah dia ingin menjadi cawapres atau tidak. "Kita tunggu, tetapi Mas Gibran kan pernah juga menyampaikan kepada kami dalam berbagai dialog-dialog di internal terkait dengan hal tersebut ya (diwacanakan jadi cawapres Prabowo)," kata Hasto di sela-sela acara Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2023).

"Sehingga kami percaya tentang, bahwa berpartai itu memang untuk memperjuangkan kepentingan yang lebih besar," tambahnya.

Nama Gibran kerap disebut-sebut bakal bersanding dengan Prabowo pada Pilpres 2024. Isu menguat seiring dengan dilayangkannya gugatan uji materi terkait batas usia capres dan cawapres ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebelumnya, Ketua DPP bidang Politik dan Keamanan PDIP, Puan Maharani mengaku tidak mempermasalahkan jika putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres Prabowo Subianto.

"Ya boleh, anak muda sudah menunjukkan prestasinya di Solo dan salah satu kandidat yang mungkin memang bisa dipertimbangkan," kata Puan di sela-sela acara Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran.

Puan menerangkan semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk maju dan berjuang di Pilpres 2024, tak peduli dia pria, wanita, muda, atau tua.

Meski begitu, Ketua DPR RI ini menyebut keputusan Gibran menjadi cawapres Prabowo masih sebatas wacana. "Ya kan yang meminang kan punya pertimbangan tertentu. Tinggal yang dipinang mau atau nggak. Itu aja. Kan baru berandai-andai ini," tambahnya.

Rekomendasi