Sindir Parpol yang Asal Pilih Ketua Umum, Megawati: Kalau Orang Luar Dipilih, Siapa yang Milih?

| 01 Oct 2023 16:00
Sindir Parpol yang Asal Pilih Ketua Umum, Megawati: Kalau Orang Luar Dipilih, Siapa yang Milih?
Tangkapan layar Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Youtube PDI Perjuangan)

ERA.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tampak menyindir partai politik yang asal memilih ketua umum dari luar kadernya. Hal tersebut disampaikan dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP, Minggu (1/10/2023).

Awalnya, Megawati menjelaskan dalam pidatonya mengapa ia memanggil Presiden Joko Widodo sebagai petugas partai.

"Saya itu sampai bingung, Pak Jokowi petugas partai, kader, lah kok saya diomongkan?" ucapnya di JIExpo Kemayoran, Jakarta. "Itu adalah AD/ART di partai kita. Saya pun petugas partai loh."

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu menyampaikan ia ditugasi oleh Kongres Partai untuk bertanggung jawab sebagai ketua umum. 

"Saya pun kader, nggak mungkin orang lain tiba-tiba jadi ketua umum," lanjutnya. "Terus siapa yang milih kalau tiba-tiba orang luar yang dipilih? Itu melanggar AD/ART."

PDIP menggelar Rakernas IV pada 29 September hingga 1 Oktober 2023 di kawasan Kemayoran, Jakarta. Adapun, tema Rakernas IV PDIP adalah 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Rekomendasi