Viral Wawancara Jessica Wongso Dihentikan Petugas Lapas, Ditjen PAS: Tidak Ada Izin

| 02 Oct 2023 15:43
Viral Wawancara Jessica Wongso Dihentikan Petugas Lapas, Ditjen PAS: Tidak Ada Izin
Jessica Kumala Wongso (Antara)

ERA.id - Viral di media sosial mengenai diberhentikannya wawancara terpidana kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso oleh petugas lapas dalam film dokumenter Netflix Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso.

Aksi dihentikannya wawancara tersebut pun menimbulkan banyak pertanyaan oleh netizen RI. Sebab, dalam wawancara itu petugas sempat mengucapkan kalimat yang dinilai janggal.

"Maaf Jessica, mungkin ini sudah lebih dalam nih," jelas petugas lapas dalam film dokumenter itu.

Menanggapi hal tersebut, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM menyatakan wawancara kepada narapidana hanya diizinkan selama terkait dengan pembinaan.

Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan (Pas) Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan wawancara untuk kepentingan film dokumenter tersebut tidak memiliki izin.

Apalagi, jelas dia, wawancara tersebut dilakukan saat itu masih berstatus Pandemi COVID-19. Kunjungan pihak keluarga saja saat itu masih dibatasi dan dilakukan secara virtual.

"Bahwa tidak diberikan ijin liputan karena liputan tidak terkait pembinaan sebagaimana disyaratkan dalam Permenkumham tentang ijjn liputan di Pemasyarakatan," jelas Rika kepada Era.id melalui pesan singkat pada Senin (2/10/2023).

Rekomendasi