Airlangga Sebut 170 Proyek Strategis Nasional Rampung Dikerjakan, 25 Proyek Ditargetkan Selesai Oktober 2024

| 05 Oct 2023 19:44
Airlangga Sebut 170 Proyek Strategis Nasional Rampung Dikerjakan, 25 Proyek Ditargetkan Selesai Oktober 2024
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas mengenai proyek strategis nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (5/10/2023). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan 170 proyek strategis nasional (PSN) dengan nilai investasi total Rp1.299,41 triliun berhasil dirampungkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga 4 Oktober 2023.

Hanya tahun ini saja, tercatat 17 proyek telah diresmikan Presiden Jokowi dengan nilai Rp259,41 triliun di antaranya jalan tol, pelabuhan, kereta cepat Jakarta-Bandung, LRT Jabodebek, kawasan industri, bendungan, jalan Tol Cinere-Jagorawi, jalan Tol Serpong-Cinere, serta Tol Pasuruan di Jawa Timur.

“Ada beberapa proyek yang belum diresmikan dan akan selesai 16 proyek yang nilainya Rp179,46 triliun,” kata Airlangga seusai mengikuti rapat terbatas mengenai PSN di Istana Kepresidenan Jakarta dikutip dari Antara, Kamis (5/10/2023).

Proyek-proyek itu mencakup beberapa bendungan, Tol Kisaran-Tebing Tinggi, Pelabuhan Deli Kupang, Makassar New Port, beberapa bendungan, LNG Train 3 di Papua Barat, proyek satelit multifungsi, serta proyek tangguh LNG.

Kemudian untuk tahun depan, Airlangga melaporkan kepada Presiden Jokowi perkiraan penghitungan 25 proyek yang akan selesai hingga Oktober 2024 dengan nilai Rp151,58 triliun, yang terdiri dari jalan tol, kawasan industri, bandara, Kawasan Pariwisata Benoa, dan berbagai kampus universitas Islam.

“Antara 20 Oktober sampai Desember 2024 masih ada 12 proyek yang nilainya Rp23,45 triliun. PSN juga ada proyek yang sifatnya konstruksi sudah berjalan, sudah beroperasi sebagian dan penyelesaiannya lewat dari tahun 2024, nah ini jumlah proyeknya ada 42 nilainya Rp1427,36 triliun. Karena sifatnya proyek sudah berjalan dan financial closing tentunya proyek ini berlanjut sampai selesai,” kata Airlangga.

Selain yang telah disebutkan, Kemenko Perekonomian mengusulkan beberapa PSN baru yang sifatnya murni swasta dan sebagian besar merupakan proyek pembangunan smelter, antara lain di Kalimantan Barat yang akan digarap oleh PT Borneo Alumina Indonesia.

Proyek pengembangan kereta cepat dari Bandung, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya juga diusulkan kepada Presiden Jokowi.

Sementara itu, Airlangga menyebut ada sejumlah proyek yang dihentikan karena memang belum mulai dikerjakan dan belum ada alokasi anggaran dari APBN.

Proyek tersebut mencakup  Pelabuhan New Ambon, kawasan industri di Tanggamus, jalan Tol Kisaran-Rantauprapat, Tol Langsa-Lhokseumawe, Tol Lhokseumawe-Sigli, Tol Dumai-Sigambal-Rantauprapat, proyek SPAM Juanda, SPAM Jatigede, dan SPAM Kamijoro.

“Itu seluruhnya dikeluarkan dari daftar PSN karena proyeknya antara offtaker dan financial belum closing,” kata Airlangga.

Rekomendasi