Bertemu Dubes Palestina di DPR, Fadli Zon: Indonesia Konsisten Bela Palestina

| 10 Oct 2023 18:30
Bertemu Dubes Palestina di DPR, Fadli Zon: Indonesia Konsisten Bela Palestina
Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon. ANTARA/Melalusa Susthira K

ERA.id - Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon bertemu dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Pertemuan itu secara khusus membahas soal konflik Palestina-Israel yang kembali memanas. Dalam pertemuan itu, Fadli menekankan bahwa Indonesia tetap mendukung Palestina karena bagian dari perintah konstitusi.

"Komitmen kita Indonesia sesuai dengan konstitusi kita bahwa kita harus menghapuskan penjajahan di atas dunia dan karena itu tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan. Saya kira ini adalah perintah konstitusi kita dan Indonesia konsisten di dalam membela Palestina," tegas Fadli.

Menurutnya, yang terjadi saat ini merupakan upaya warga Palestina mempertahankan diri dari agresi Israel. Meski begitu tetap perlu melihat dan meninjau yang terjadi di jalur Gaza. Terlebih banyak masyarakat yang menjadi korban.

"Kita tentu terus melihat dan meninjau apa yang sedang terjadi di Jalur Gaza pada khususnya, kita tidak tahu angka-angka jumlah korban tapi yang jelas sudah ratusan orang yang meninggal yang mendapatkan apa luka-luka atau yang menjadi korban luka-luka cedera saya kira sudah ribuan orang," ucapnya.

Dia berharap, konflik Palestina-Israel dapat diselesaikan dengan negosiasi yang baik. Negosiasi itu harus dilakukan dengan cara yang adil, damai, dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Karena selama ini justru pihak Israel lah yang selalu melakukan pelanggaran terhadap apa yang telah menjadi kesepakatan kesepakatan internasional  termasuk resolusi PBB," kata Fadli.

Diketahui, situasi di Gaza dan selatan Israel memanas usai pasukan Israel dan Hamas bertempur. Akhir pekan lalu, Hamas menggempur wilayah selatan Israel. Israel lantas membalas serangan tersebut.

Rekomendasi