Kandidat Cawapres Sudah Mengerucut ke 4 Nama, Prabowo: Ada dari Jawa Tengah dan Jawa Timur

| 14 Oct 2023 07:40
Kandidat Cawapres Sudah Mengerucut ke 4 Nama, Prabowo: Ada dari Jawa Tengah dan Jawa Timur
Prabowo Subianto (Antara)

ERA.id - Para ketua umum partai politik yang bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023) malam.

Dalam pertemuan itu, Prabowo mengaku mereka sudah mengerucutkan empat nama bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampinginya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Tentang cawapres, kita juga tadi melaksanakan diskusi di mana setiap ketua partai menyampaikan pandangan-pandangannya, yang akhirnya kita malam ini sudah mengecurut menjadi empat nama," kata Prabowo.

Namun dia masih bungkum mengungkapkan keemat nama kandidat bacawapresnya. Dia hanya menyebutkan asal dari keempat tokoh tersebut.

"Empat nama yang bisa sampaikan adalah, satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur," kata Prabowo.

Menurutnya, keempat nama itu nantinya akan dibicarakan di internal partai masing-masing. Setelah itu mereka akan rapat bersama untuk memutuskan satu nama.

"Kita akan kumpul dan beberapa hari lagi untuk memutuskan yang terakhir dari empat menjadi satu," kata Prabowo.

Sebelumnya, beredar sejumlah nama tokoh yang digadang-gadang bakal mendampingi Prabowo. Di antaranya seperti Menteri BUMN Erick Thohir yang merupakan usulan dari PAN, kemudian mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dari Partai Golkar.

Belakangan, nama Guberur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga masuk radar. Sedangkan beberapa pendukung Prabowo mengusulkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Rekomendasi