Prabowo-Gibran Daftar Pencapresan ke KPU Rabu Pekan Ini

| 23 Oct 2023 10:55
Prabowo-Gibran Daftar Pencapresan ke KPU Rabu Pekan Ini
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto akan mendaftar menjadi calon presiden 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023) depan.

"Insya Allah Rabu (25/10/2023) jam 10.00 WIB (ke KPU)," kata Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani di The Dharmawangsa Jakarta, Jaksel, Senin (23/10/2023).

Sebelumnya, Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi menunjuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Prabowo usai menggelar rapat bersama dengan ketua partai dari KIM pada Minggu di kediamannya di Kertanegara, Jakarta (22/10).

"Kita telah berembuk secara final seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres KIM untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," jelas Prabowo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sebelumnya merestui putra sulungnya maju sebagai cawapres. Jokowi menegaskan dia hanya mendukung keputusan Gibran.

Jokowi mengatakan sebagai orang tua, dia hanya bisa mendukung keputusan Gibran karena sang anak sudah dewasa.

"Orang tua tugasnya hanya mendukung dan merestui, tapi keputusannya semuanya (di Gibran) karena sudah dewasa," kata Jokowi ketika menghadiri Apel peringatan Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10), dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyebut dirinya enggan mencampuri urusan Gibran yang kemungkinan akan maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

"Jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan anak kita," katanya.

Rekomendasi