Makan Siang Bareng Jokowi di Istana, Anies dan Ganjar Kompak Singgung Netralitas Saat Pilpres 2024

| 30 Oct 2023 15:40
Makan Siang Bareng Jokowi di Istana, Anies dan Ganjar Kompak Singgung Netralitas Saat Pilpres 2024
Presiden Jokowi bersama Anies, Ganjar, dan Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023), sekitar pukul 12:30 WIB. (Gabriella Thesa/ERA.id)

ERA.id - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Bacapres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo kompak menyinggung soal netralitas Presiden Joko Widodo dan aparatur negara di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan usai memenuhi undangan Presiden Joko Widodo kepada tiga bacapres yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Awalnya, Anies mengaku menyampaikan pesan dari masyarakat yang ditemuinya kepada Presiden Jokowi agar kepala negara menjaga netralitasnya di tengah tahun politik.

"Tadi kami sampaikan kepada beliau, bahwa kami sering bertemu dengan banyak orang-orang yang sayang dengan bapak presiden. Dan mereka-mereka yang sayang ini menitipkan pesan untuk bapak presiden bisa menjaga netralitas dan menegaskan kepada seluruh aparat untuk menjaga netralitas di dalam pilpres, pemilu," kata Anies.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pesan dari masyarakat itu disambut positif oleh Presiden Jokowi.

Menurutnya, Presiden Jokowi juga sudah mengumpulkan aparatur negara mulai dari kepala daerah hingga TNI/Polri khusus untuk mengimbau pentingnya netralitas dari penyelenggara negara saat Pilpres 2024 nanti.

"kami melihat itu adalah pesan penting yang membuat pilpres kita besok berjalan dengan aman damai, karena seluruh unsur penyelenggara menunjukan sikap yang netral, yang profesional," kata Anies.

"Jadi itu salah satu yang kami sampaikan kepada beliau, dan beliau merespons positif, baik sehingga diskusi kita juga tadi lancar," imbuhnya.

Senada, Ganjar juga menyinggung hal yang sama. Dia berharap ke depannya Presiden Jokowi dapat menjalankan sistem demokrasi dengan baik.

"Beliau orang baik, dan Insyaallah juga akan mendukung sistem demokrasi yang baik," kata Ganjar.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu menekankan, pembahasan mengenai netralitas apartur negara saat Pilpres 2024 penting dibahas ketika saat siang bersama Presiden Jokowi untuk memastikan agar pesta demokrasi berjalan adil.

"Ya penting lah, demokrasi kalau tidak ada netralitas jadi sangat parsial, pasti jadi berat sebelah," ucapnya.

Dia pun mengajak masyarakat ikut mengawal proses Pemilu dan Pilpres 2024 berjalan dengan baik.

"Nah, tugas kita, yuk kita jaga bersama-sama pemilu ini damai, para aparaturnya betul-betul imparsial, semua bisa berjalan dengan fair, dan kita bisa saling menjaga," kata Ganjar.

Sementara Prabowo menambahkan, tidak ada pembicaraan yang sangat serius dalam pertemuan santap siang bersama Presiden Jokowi.

Namun, keempatnya sepakat menciptakan suasana Pilpres 2024 yang damai.

"Jadi beliau juga berharap suasana bangus, dan kita juga berharap suasana baik," ucap Prabowo.

Rekomendasi