BMKG: Kota Besar di Indonesia Berpeluang DIguyur Hujan Hari Ini

| 08 Nov 2023 07:55
BMKG: Kota Besar di Indonesia Berpeluang DIguyur Hujan Hari Ini
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Rabu.

"Cuaca di Pulau Sumatera diprakirakan hujan ringan di Kota Banda Aceh, Pekanbaru, dan Tanjungpinang," kata Prakirawan BMKG Kania Mustikawati diikuti dalam jaringan InfoBMKG di Jakarta.

Ia mengatakan, hujan berintensitas sedang diprakirakan mengguyur Kota Medan, serta waspadai hujan lebat di Kota Padang. Hujan ringan juga berpeluang terjadi di Kota Jambi dan Palembang.

Beralih ke Pulau Jawa, secara umum cuaca cerah berawan hingga berawan di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Potensi hujan ringan di Kota Serang.

Prakiraan cuaca di Pulau Bali dan Nusa Tenggara diprediksi cerah berawan hingga berawan di Kota Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Prakiraan cuaca di Pulau Kalimantan secara umum hujan ringan di Kota Tanjung Selor, Samarinda, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Waspada potensi adanya hujan disertai petir di Kota Pontianak.

Prakiraan cuaca untuk Pulau Sulawesi umumnya cerah berawan di Kota Kendari, Makassar. Hujan ringan berpeluang mengguyur Gorontalo, Palu, dan Mamuju.

Waspadai hujan disertai petir di Kota Manado.

Untuk Indonesia bagian timur, cuaca berawan di Kota Ambon dan hujan ringan berpeluang guyur Kota Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

Kania mengatakan, bibit siklon tropis 94W terpantau berada di Laut Filipina sebelah utara Maluku Utara, dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum sebesar 1007.0 hPa bergerak ke arah Barat.

"Potensi bibit siklon 94W untuk tumbuh menajdi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah," ujarnya.

Rekomendasi