Pengamat IPI Ungkap Prabowo-Gibran Pemimpin Pilihan Warga Pedesaan

| 13 Nov 2023 17:30
Pengamat IPI Ungkap Prabowo-Gibran Pemimpin Pilihan Warga Pedesaan
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (Antara)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka kian menjadi pemimpin pilihan masyarakat Indonesia di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Terbukti, Prabowo-Gibran tidak hanya menjadi pilihan masyarakat di perkotaan namun juga di daerah pedesaan.

Hal itu terlihat dari temuan survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 27 Oktober–1 November yang memperlihatkan dukungan masyarakat pedesaan kepada Prabowo-Gibran mencapai 45,5 persen. Raihan itu unggul dari duet koalisi PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 26,8 persen serta Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang hanya meraih 21,7 persen.

“Pemilih Prabowo-Gibran cenderung kuat di desa,” kata Peneliti Utama IPI Burhanuddin Muhtadi dikutip dari Youtube IPI, Senin (13/11/2023).

Dalam temuan IPI, Prabowo-Gibran juga unggul di masyarakat perkotaan dengan 34 persen. Prabowo-Gibran mengungguli Ganjar-Mahfud dengan 33 persen dan Anies-Muhaimin 27,1 persen.

Kuatnya Prabowo–Gibran di desa dan kota selaras dengan tingginya elektabilitas keduanya secara nasional. Temuan IPI dalam simulasi tiga pasangan menunjukkan Prabowo–Gibran unggul dengan torehan 39,7 persen secara nasional. 

Elektabilitas tersebut unggul dari Ganjar-Mahfud dengan torehan 30 persen serta Anies–Muhaimin dengan perolehan 24,4 persen.

"Prabowo-Gibran unggul dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin," ucap Burhanuddin.

Dia menyebut tingginya elektabilitas Prabowo-Gibran membuka peluang kemenangan pasangan tersebut pada Pilpres 2024 mendatang. Terlebih, tren Prabowo-Gibran sangat positif dalam berbagai survei.

“Peluangnya cukup besar bagi Prabowo-Gibran tentunya di Pilpres,” pungkas Burhanuddin.

Rekomendasi