Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono

| 22 Nov 2023 09:06
Jokowi Resmi Lantik Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Gantikan Yudo Margono
Agus Subiyanto (Dok Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Sebelum dilantik, Sekretaris Militer Presiden Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan membacakan Surat Keputusan Presiden Nomor 102 TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Setelah surat keputusan presiden dibacakan, Agus kemudian mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu langsung Presiden Jokowi.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Agus menirukan Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjutnya.

Setelah dilantik, Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat, menyerahkan tongkat komando dan memberikan ucapan selamat kepada Agus.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menyetujui Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon panglima TNI. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu selangkah lagi menggantikan Laksama Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pekan depan.

Persetujuan itu diambil dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11).

Sebagai informasi, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Rekomendasi