Prabowo Malah Berkantor di Hari Pertama Kampanye, Ada Rapat Bersama Jokowi

| 28 Nov 2023 13:13
Prabowo Malah Berkantor di Hari Pertama Kampanye, Ada Rapat Bersama Jokowi
Capres-Cawapres nomad urut 2, Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) ANTARA FOTO/Galih Pradipta

ERA.id - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, tetap berkantor seperti biasa di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, pada hari pertama kampanye Pemilihan Presiden 2024, Selasa.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan, Brigadir Jenderal TNI Edwin A Sumantha, membenarkan itu saat dia dihubungi di Jakarta.

“Betul, (sorenya) rapat bersama presiden,” kata dia dikutip dari Antara, Selasa (28/11/2023).

Prabowo dijadwalkan mengikuti rapat internal bersama Presiden Joko Widodo di Bogor, Selasa sore.

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memilih tidak mengambil cuti pada hari pertama kampanye Pilpres 2024. Keduanya, yang saat ini masih aktif sebagai pejabat publik, memilih tetap bekerja seperti biasa.

Gibran, calon wakil presiden yang mendampingi Prabowo, berkantor seperti biasa di Kantor Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa.

Wali kota Surakarta itu menyampaikan minggu ini dia ingin fokus merampungkan sejumlah proyek infrastruktur yang merupakan prioritas pembangunan Kota Solo, antara lain revitalisasi Solo Safari dan Taman Balekambang. Gibran juga menyebut dia juga mengecek langsung persiapan semifinal dan final Piala Dunia yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Untuk masa kampanye, sebagian besar calon yang berkontestasi pada Pilpres 2024 merupakan pejabat publik. Dari pasangan calon nomor urut 1, ada Muhaimin Iskandar, cawapres pendamping Anies Baswedan, yang saat ini masih aktif sebagai wakil ketua DPR.

Kemudian, pasangan calon nomor urut 2 adalah Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta.

Dari pasangan nomor urut 3, adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, yang menjadi cawapres pendamping capres Ganjar Pranowo. Sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden, mereka berenam telah dikawal 24 jam sehari dari alat negara.

Berbeda dari Prabowo dan Gibran, Muhaimin dan Mahfud memutuskan ambil cuti untuk langsung terjun bertemu masyarakat pada hari pertama kampanye Pilpres 2024.

Mahfud mengisi hari pertama kampanye di Sabang, Aceh, sementara Muhaimin, yang ambil cuti per Selasa (28/11) sampai dengan 12 Desember 2023, bertolak ke Jombang untuk sungkem ke ibunya, kemudian lanjut berkampanye di beberapa daerah di Jawa Timur.

Komisi Pemilihan Umum menetapkan masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024.

Rekomendasi