Reuni 212 di Monas, Menantu Habib Rizieq Serukan Pemilu Damai

| 02 Dec 2023 15:15
Reuni 212 di Monas, Menantu Habib Rizieq Serukan Pemilu Damai
Habib Muhammad Hanif Alatas, menantu Habib Rizieq Shihab. (IBTV)

ERA.id - Persaudaraan Alumni (PA) 212 menggelar Reuni 212 di kawasan Monas hari ini, Sabtu (2/12/2023), bertajuk "Munajat Kubro 212 untuk Keselamatan NKRI dan Kemenangan Palestina". Habib Hanif Alatas, menantu Habib Rizieq Shihab menyerukan para peserta agar tidak terpecah belah menyambut pemilihan umum (pemilu) tahun depan.

"Beda pilihan silakan, tapi jangan saling caci maki, jangan saling menghina," ujar Habib Hanif di atas panggung.

Ia juga menyampaikan Reuni 212 kali ini tanpa sponsor dan tidak dibiayai oleh siapa pun.

"Dari umat untuk umat!" ujarnya sambil menegaskan bahwa aksi tersebut adalah murni dukungan bangsa Indonesia terhadap rakyat Palestina.

Reuni 212 dimulai sekitar pukul 03.00 waktu setempat dengan pembacaan wirid dan zikir. Para peserta lalu melaksanakan salat Subuh berjamaah di sekitar Monas setelah azan berkumandang.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan istigasah, salawat, dan doa oleh K.H. Najih Maimoen Zubair, menantu dari ulama kondang Alm. Mbah Maimoen Zubair.

Para peserta tampak tertib mengikuti agenda aksi dengan banyak kibaran bendera Indonesia dan Palestina. Beberapa juga tampak mengibarkan bendera bergambarkan wajah Habib Rizieq.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PA 212 Novel Bamukmin menyebut sekitar tiga juta orang akan mengikuti aksi tersebut. Ia menjelaskan Reuni 212 tahun ini murni menyuarakan pembelaan terhadap Palestina tanpa unsur politik.

Ribuan personel polisi pun dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut.

"5.734 personel pengamanan (dikerahkan untuk aksi pada) 2 Desember 2023 di Monas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Jumat (1/12/2023).

Rekomendasi