Sindir Gibran soal Salah Sebut Asam Sulfat, Anies Baswedan: Asam Folat dari Tanaman, Bukan di Bengkel

| 05 Dec 2023 11:52
Sindir Gibran soal Salah Sebut Asam Sulfat, Anies Baswedan: Asam Folat dari Tanaman, Bukan di Bengkel
Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan menyebut, asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil didapatkan dari tanaman. Sambil berkelakar, dia menegaskan jenis vitamin B kompleks itu bukan diperoleh dari bengkel.

Hal itu disampaikan saat menghadiri acara 'Desak Anies episode 5 Banjarmasin', di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa (5/12/2023).

Awalnya, Anies mendapat pertanyaan mengenai tanggapannya soal ada kandidat calon presiden dan calon wakil presiden yang meluncurkan program makan siang gratis selama kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Tujuannya untuk sosialisasi pencegahan stunting.

"Pak, ada kandidat di sebelah bikin program makan siang gratis, yang katanya untuk atasi stunting, tapi dananya diambil dari relokasi bansos, pendidikan, kesehatan, sebesar Rp40 triliun, respon bapak gimana? Apakah bapak juga mengadakan program makan siang gratis itu?" tanya pembawa acara dikutip dari kanal YouTube Anies Baswedan.

Pembawa acara itu bahkan sempat berkelakar dengan menyinggung soal asam sulfat yang oleh salah satu kandidar cawapres diklaim dibutuhkan oleh ibu hamil.

"Gimana tuh bang, baru baru ini anak bayi mau dikasih asam sulfat katanya," katanya.

Menanggapi pertanyaan itu, Anies lantas menjelaskan bahwa pencegahan dan penanganan stunting itu bukan di tahap usia anak sekolah, maupun saat ibu hamil. Melainkan kebutuhan gizi yang harus dipenuhi perempuan sebelum mengandung.

Gizi yang dimaksud itu bisa didapatkan dari daging dan sayur-sayuran. Salah satu asupan gizi yang penting untuk ibu hamil yaitu asam folat.

"Jadi kesehatan calon ibu sudah harus dipikirkan, dan calon ibu itu membutuhkan, satu adalah zat besi zat besi dapatnya dari mana dari daging dari makanan, kemudian yang kedua adalah yodium, yang ketiga asam folat," kata Anies.

Sambil berkelakar, dia menjelaskan bahwa yang dibutuhkn ibu hamil adalah asan folat yang didapat dari tumbuh-tumbuhan. Bukan asam sulfat yang berada di bengkel.

"Asam folat itu didapatnya dari tanaman bukan di bengkel, enggak ada," kata Anies.

Sebelumnya, Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menyinggung pemenuhan asam sulfat dan yodium bagi ibu hamil. Belakangan, Gibran mengaku salah sebut ihwal zat asam sulfat.

"Mohon maaf, mohon dikoreksi ya. Asam folat, Sorry, sorry ya, maaf. Mohon dikoreksi," kata Gibran saat ditemui usai bermain badminton dengan Taufik Hidayat di GBK Arena, Jakarta, Senin (4/12).

Asam sulfat sendiri merupakan zat kimia yang bersifat korosif dan bukan dipakai untuk tubuh manusia. Paparan langsung pada kulit, mata, saluran pernapasan, dan saluran pencernaan bisa langsung mengiritasi jaringan tubuh.

Sementara untuk ibu hamil yang dianjurkan adalah asam folat yang bermanfaat untuk pembentukan sistem saraf janin, plasenta, pencegahan anemia, penguatan kandungan hingga menurunkan risiko preeklamsia.

Rekomendasi