Menko Perekonomian Airlangga Sebut Program Prakerja Masih Akan Lanjut Tahun Depan

| 06 Dec 2023 08:15
Menko Perekonomian Airlangga Sebut Program Prakerja Masih Akan Lanjut Tahun Depan
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto. (Amalia Putri/ERA)

ERA.id - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa program Prakerja akan dilanjutkan di tahun depan. Sebab pemerintah sudah menganggarkannya di tahun tersebut. 

”Untuk tahun 2024 sudah dianggarkan. Tentunya nanti kita akan lihat kelanjutannya dari kartu ini,” kata Airlangga di acara Temu Alumni Program Prakerja di Ono Solo Coffee and Eatery, Selasa (5/12/2023).  

Namun saat ditanya untuk penganggaran di tahun-tahun selanjutnya, Airlangga belum bisa memastikannya. Ia meminta agar menunggu hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Baru setelahnya dia bisa memastikan program ini berlanjut atau tidak. 

”Tunggu pemilu dulu tapi kalau 2024 berlanjut,” ujarnya. 

Dengan program Prakerja ini, banyak peserta maupun lembaga yang mendapatkan manfaatnya. Saat ini sudah ada 17 juta orang yang menikmatinya. Bahkan sudah ada 1 juta orang pengguna yang memanfaatkan sistem ofline. 

”Program ini dibutuhkan untuk menyesuaikan antara pendidikan dan lamaran kerja, retraining dan reskiling. Bahkan di negara lain sudah memasukkan kementerian untuk reskilling long life learning,” katanya.

Rekomendasi