Jelang Debat Pilpres 2024, Hasto: Jangan Sampai Indonesia Dipimpin Pelanggar HAM!

| 11 Dec 2023 10:12
Jelang Debat Pilpres 2024, Hasto: Jangan Sampai Indonesia Dipimpin Pelanggar HAM!
Sekretaris Jenderal PDI Perjuagan, Hasto Kristiyanto, di sela-sela acara Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2023). (Sachril/ERA.id)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyinggung soal isu hak asasi manusia (HAM). Dia mengingatkan supaya Indonesia ke depan tak dipimpin oleh figur pelanggar HAM.

Hal itu merespons kesiapan Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dalam mengikuti debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia memastikan, pasangan nomor urut tiga itu merupakan sosok yang mengutamakan HAM, bahkan punya program untuk menuntaskan pelanggaran berat di masa lalu secara adil.

“Dalam programnya, Pak Ganjar dan Prof Mahfud menjadikan komitmen terhadap HAM sebagai panggilan jiwanya karena nilai-nilai kemanusiaan sangat penting, mencintai rakyat, mencintai Tanah Air itu bagian dari komitmen yang ditunjukkan,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Senin (11/12/2023).

Sikap ini dianggap Hasto berbeda dengan pasangan yang tak mencantumkan visi dan misi soal pelanggaran HAM masa lalu dan penyelesaiannya.

Hasto memang tak menyinggung siapa sosok yang dimaksudnya. Tapi, dia minta jangan sampai masyarakat tidak memantau mereka yang dianggap tak punya kepedulian dengan isu tersebut.

“Jangan sampai republik ini dipimpin oleh orang yang punya rekam jejak pelanggaran HAM. Apalagi ada paslon yang tidak memasukkan (visi-misi, red) terkait HAM,” tegasnya.

Rekomendasi