Ramai Soal PNS Riau Gagal Dilantik Jadi Staf Kemendagri Karena Ditikung Ordal, Mahfud MD: Masalahnya Sudah Selesai

| 15 Dec 2023 09:38
Ramai Soal PNS Riau Gagal Dilantik Jadi Staf Kemendagri Karena Ditikung Ordal, Mahfud MD: Masalahnya Sudah Selesai
Mahfud MD (Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD buka suara prihal cuitan warganet yang meminta tolong dirinya, terkait adiknya seorang PNS di Riau dirugikan dalam pelantikan staf Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta, tapi ditikung orang dalam.

Menurut Mahfud, dia sudah menghubungi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan masalah tersebut sudah selesai.

"Sudah selesai saya kontak Mendagri. Tak perlu diributkan lagi," kata Mahfud dikutip dari keterangan tertulisnya.

Dia lantas meluruskan cerita yang beredar di publik. Menurutnya, memang ada kesalahan saat memberikan undangan.

Berdasarkan penjelasan dari pihak Kemendagri, Mahfud mengatakan, PNS asal Riau itu sebenarnya diangkat sebagai pegawai Kabupaten Rokan Hilir atau Hulu.

"Saya minta selesaikan segera. Memang itu menurut Kemendagri undangannya salah. Yang bersangkutan ini diangkat sebagai PNS di Kabupaten Rokan Hilir atau Hulu, di Riau sana. Jadi nanti dilantiknya di sana sesuai SK," kata Mahfud.

Dia mengatakan, yang bersangkutan pun tetap dilantik sebagai PNS.

Persoalan salah undangan ini tak membatalkan ketetapan yang bersangkutan sebagai PNS.

"Jadi tidak dibatalkan. Bahwa yang bersangkutan tetap jadi PNS lulusan IPDN," tuturnya.

Sebagai informasi, seorang warganet dengan akun X @nyi_maheswari mengadukan tentang adiknya yang merupakan seorang PNS di Riau dirugikan dalam pelantikan staf Kemendagri di Jakarta. Sebab, pada saat terakhir, adiknya diganti dengan orang lain.

Karena itu, dia meminta tolong dengan menyebut akun Mahfud Md.

"Pak @mohmahfudmd, saya minta tolong. Adik saya bernama Harry Kurnia, S.Tr.IP berasalndr Riau, lulusan STPDN tahun ini, yg mana besok hari Rabu 13 Des akan dilantik utk menjadi staf di @kemendagri. Dia sdh berada di Jakarta malam ini," tulis akun itu dalam akun X-nya.

"Namun sayangnya tiba-tiba dia ditelepon seseorang dr kemendagri yg meminta dia utk tdk datang ke jakarta krn namanya sdh diganti dgn alasan salah ketik. Setelah kami cari tau, ternyata yg menggantikan adalah anak dari Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Riau. Kami minta tolong keadilan pak," lanjutnya.

Rekomendasi