Soal Beli Pupuk Bersubsidi Bisa Pakai KTP, Sekjen PDIP: Bukti Jokowi di Belakang Ganjar

| 15 Dec 2023 17:14
Soal Beli Pupuk Bersubsidi Bisa Pakai KTP, Sekjen PDIP: Bukti Jokowi di Belakang Ganjar
Hasto Kristiyanto (Dok. PDIP)

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Presiden Joko Widodo sangat jelas membantu dan mendukung Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo. Hal itu tercermin dengan disetujuinya penggunaan KTP bagi para petani untuk membeli pupuk bersubsidi.

"Pak Jokowi membantu Pak Ganjar. Pak Jokowi di belakang Pak Ganjar," ucap Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023).

Menurutnya, kebijakan Presiden Jokowi dengan mengembangkan pembelian pupuk bersubsidi bagi petani dari Kartu Tani hingga cukup dengan menunjukkan KTP saja, itu sejalan dengan program KTP Satu Kartu Terpadu Indonesia (Sakti) milik pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Adapun KTP Sakti merupakan salah satu program kerja Ganjar-Mahfud untuk menunjukkan pentingnya digitalisasi satu data demi distribusi bantuan tepat sasaran.

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar tentang KTP Sakti ternyata senapas dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi," kata Hasto.

Sebaliknya, dia menyindir Capres nomor urut dua, Prabowo Subinato yang kerap menggaungkan keberlanjutan, justru terbukti tidak sejalan dengan program-program pemerintahan Presiden Jokowi.

"Bahkan dari polling yang kami lakukan, mencermati seluruh pemberitaan suara-suara dari rakyat didalam debat kemarin menunjukkan bahwa Pak Prabowo bukanlah Pak Jokowi," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyetujui pembelian pupuk subsidi menggunakan KTP asalkan tertulis pekerjaan sebagai petani.

Hal itu disampaikan saat memberi arahan ke penyuluh pertanian dan Babinsa se-Jawa Tengah di Pekalongan Rabu (13/12).

"Yang kedua ini urusan dengan para pengecer pupuk. Ini urusan kemarin kalau mau beli pupuk harus menunjukkan kartu tani. Saya sudah menyetujui untuk pembelian pupuk asal di KTP-nya ada tulisan petani, silakan itu dipakai. Jadi bisa pakai kartu tani bisa memakai juga KTP," kata Jokowi.

Rekomendasi