Viral Video Prabowo Diduga Singgung Pertanyaan Anies saat Rakornas Gerindra: Etik Ndasmu

| 16 Dec 2023 15:00
Viral Video Prabowo Diduga Singgung Pertanyaan Anies saat Rakornas Gerindra: Etik Ndasmu
Prabowo Subianto, capres nomor urut 2 (Dok Antara)

ERA.id - Viral video Calon Presiden (Capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto menyebut 'etik ndasmu'. Ucapnnya itu menjadi perbincangan warganet.

Dikutip dari akun X, @ARSIPAJA mengunggah video pendek dengan durasi 20 detik itu diduga Prabowo membicarakan hal tersebut saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra yang digelar tertutup di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada Jumat (15/12).

"Bagaimana perasaan, mas Prabowo? Soal etik. Etik, etik. Ndhasmu etik," kata Prabowo dikutip dari unggahan video akun X, @ARSIPAJA pada Sabtu (16/12/2023).

Diduga ucapan Prabowo itu diduga menyindir pertanyaan Capres nomor urut satu, Anies Baswedan saat debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Selasa (12/12) lalu.

Diketahui, dalam segmen tanya jawab antar capres, Anies sempat bertanya kepada Prabowo terkait bagaimana perasannya atas skandal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres-cawapres.

"Sesudah Bapak mendengar pencalonan persyaratannya bermasalah secara etika, pertanyaan saya, apa perasaan Bapak ketika mendengar ada pelanggaran etika di situ?" tanya Anies.

Prabowo awalnya cukup santai dengan menyatakan telah mendengar pendapat tim pakar hukumnya bahwa tidak ada masalah. Apalagi putusan MK itu dianggap sudah final dan mengikat. Prabowo mengaku hanya melaksanakannya saja.

Namun, nada Prabowo semakin meninggi. Dia menyindir Anies bahwa mereka berdua bukan lagi anak kecil. Anies hanya merespons dengan senyuman.

Mantan Danjen Kopassus ini menyerahkan kepada rakyat yang nanti akan memilih. Kalau tidak suka, rakyat tidak perlu memilihnya di hari pencoblosan.

"Sekarang begini, intinya rakyat putuskan, rakyat yang menilai. Kalau rakyat tidak suka Prabowo dan Gibran, enggak usah pilih kami saudara saudara sekalian," katanya.

Prabowo semakin emosional dan nadanya meninggi. Dia sampai memberikan gestur menunjuk-nunjuk ke Anies.

"Dan saya tidak takut tidak punya jabatan Mas Anies. Sorry ye. Sorry ye," kata Prabowo.

Pernyataan Prabowo itu mengundang sorak sorai dari para pendukungnya. Sementara Gibran yang duduk di jajaran Tim Kampanye Nasional (TKN), juga ikut berdiri sambil melambai-lambaikan tangan ke arah pendukung seolah mengajak agar sorakan semakin kencang.

Sementara moderator meminta para pendukung tidak bersorak sorai saat acara debat berlangsung. Bahkan moderator sempat mengancam acara debat tidak dilanjutkan apabila para pendukung tidak bisa diatur.

Rekomendasi