Bicara Penceganhan Stunting, Istri Ganjar Minta Ibu Hamil Makan 2 Butir Telur Sehari

| 16 Dec 2023 15:53
Bicara Penceganhan Stunting, Istri Ganjar Minta Ibu Hamil Makan 2 Butir Telur Sehari
Istri Ganjar Pranowo, Siti Atikoh (Dok. Era.id/Gie)

ERA.id - Istri Calon Presiden (Capres) nomo urut satu, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh mengingatkan pemunuhan gizi dan protein bagi ibu hamil untuk pencegahan stunting.

Atikoh menyarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi dua butir telur sehari. Sebab, pencegahan stunting harus dimulai dari ibu hamil.

"Kekurangan gizi kronis tidak (terjadi) satu dua hari tapi berlangsung lama. Sehingga pencegahan itu harus dari kandungan. Ibunya harus sehat agar anaknya yang dikandung itu juga sehat," kata Atikoh saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (Pijar) 2023 di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2023).

Atikoh kemudian menyebut ada beberapa sumber protein yang bisa dimanfaatkan ibu hamil. Salah satunya adalah telur.

“Yang paling efektif adalah telur. Sebetulnya protein, protein (bisa) apapun. Tapi telur itu kan gampang, terjangkau, affordable, ya,” ujarnya.

“Sehari dua (butir) misalnya, kalau ibu lagi mengandung dua. Atau ya, minimal satu lah,” sambung Atikoh.

Selain pada saat hamil, Atikoh juga bilang gizi ibu menyusui juga harus diperhatikan. Sehingga, upaya pencegahan stunting bisa dilakukan.

“Ketika anaknya lahir juga seperti itu. Ibunya juga dapat (asupan gizi) anaknya juga dapat. Karena apa, karena pada saat menyusui ibunya kan juga butuh sekali asupan gizi,” pungkasnya.

Rekomendasi