Soal Ucapan 'Etik Ndasmu', Jubir Prabowo: Itu Seribu Persen Candaan ke Kader Gerindra

| 16 Dec 2023 17:04
Soal Ucapan 'Etik Ndasmu', Jubir Prabowo: Itu Seribu Persen Candaan ke Kader Gerindra
Prabowo Subianto (Dok. Antara)

ERA.id - Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengklarifikasi ucapan calon presiden (capres) nomor urut satu itu yang menyebut 'etik ndasmu'. Menurutnya, hal itu diucapkan dalam konteks gurauan.

Ucapan 'etik ndasmu' yang dilantorkan Prabowo itu viral dan menjadi perbincangan warganet. Adapun ucapan tersebut disampaikan saat Ketua Umum Partai Gerindra itu menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra yang digelar tertutup di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada Jumat (15/12).

"Pak Prabowo senang bercanda, itu becandaan Pak Prabowo ke Kader-kader Gerindra, seribu persen becanda," kata Dahnil kepada wartawan, Sabtu (16/12/2023).

Dia mengatakan, hubungan Prabowo dengan Capres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo terjalin baik. Bahkan, ketiganya kerap bersendaugurau.

"Pak Prabowo hubungannya dengan Pak Ganjar baik, dengan Pak Anies baik. Becanda ke sesama sahabat," kata Dahnil.

Dahnil lantas menyinggung, sebelumnya bahkan  jubir Anies Baswedan sebelumnya pernah bicara soal Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini menjadi cawapres Prabowo, cocok juga jadi cawapres Anies.

Tak hanya itu, menurutnya, kubu Ganjar Pranowo pun pernah bicara peluang Gibran jadi cawapres. Wacana itu sempat diucapkan oleh ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

"Maksud Pak Prabowo, mari sama-sama kita periksa isi pikiran kita, isi hati kita, semacam refleksi akhir pekan lah, jangan seperti orang yang ditolak cintanya, namun kemudian habis-habisan menjelek-jelekkan sang pujaan hati," kata Dahnil.

Diberitakan sebelumnya, akun X, @ARSIPAJA mengunggah video pendek dengan durasi 20 detik itu diduga Prabowo membicarakan hal tersebut saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Gerindra yang digelar tertutup di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada Jumat (15/12).

"Bagaimana perasaan, mas Prabowo? Soal etik. Etik, etik. Ndhasmu etik," kata Prabowo dikutip dari unggahan video akun X, @ARSIPAJA pada Sabtu (16/12/2023).

Diduga ucapan Prabowo itu diduga menyindir pertanyaan Capres nomor urut satu, Anies Baswedan saat debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada Selasa (12/12) lalu.

Diketahui, dalam segmen tanya jawab antar capres, Anies sempat bertanya kepada Prabowo terkait bagaimana perasannya atas skandal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia capres-cawapres.

"Sesudah Bapak mendengar pencalonan persyaratannya bermasalah secara etika, pertanyaan saya, apa perasaan Bapak ketika mendengar ada pelanggaran etika di situ?" tanya Anies.

Pertanyaan Anies itu sempat ditanggapi emosional oleh Prabowo. Bahkan nada bicaranya pun meninggi, dia sampai memberikan gestur menunjuk-nunjuk ke Anies.

"Dan saya tidak takut tidak punya jabatan Mas Anies. Sorry ye. Sorry ye," kata Prabowo.

Rekomendasi