Ditunding Soal Neo Orba, Gibran: Isu Itu Muncul Jelang Pemilu

| 17 Dec 2023 13:00
Ditunding Soal Neo Orba, Gibran: Isu Itu Muncul Jelang Pemilu
Calon Wakil Presiden, Gibran Rakabuming saat bertemu para relawan. (Antara)

ERA.id - Calon Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka menanggapi tudingan banyak pihak bahwa Indonesia akan masuk ke era neo-orba atau Orde Baru era modern jika Prabowo-Gibran terpilih.

"Jadi, isu-isu seputar neo-orba hanya muncul menjelang pemilu," kata Gibran dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Minggu (17/12/2023).

Dalam kesempatan itu, dia pun mengatakan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara itu bertujuan pemeratan ekonomi di Tanah Air agar tidak terpusat hanya di Pulau Jawa saja. 

Maka, nantinya, jika terpilih sebagai orang nomor wahid di Indonesia akan meneruskan program pemerintah dalam membangun IKN.

"Kami sangat mendukung pembangunan yang berfokus pada seluruh Indonesia, bukan hanya Jawa," jelas dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Rekomendasi