Cak Imin Sebut IKN Proyek Ambisius, Satu Persen Anggaran IKN Bisa Bangun Jalan dan Sekolah di Kalimantan

| 22 Dec 2023 20:25
Cak Imin Sebut IKN Proyek Ambisius, Satu Persen Anggaran IKN Bisa Bangun Jalan dan Sekolah di Kalimantan
Muhaimin Iskandar. (Tangkapan Layar)

ERA.id - Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar menilai perlunya kemampuan untuk membaca skala prioritas dalam menggunakan APBN. Sehingga bukan persoalan lebih penting mana antara infrastruktur atau sumber daya manusia (SDM) yang harus didahulukan.

"Seluruh proyek-proyek besar yang ambisius, ini Ibu Kota Negara (IKN) sebagai salah satu contoh saja, itu kalau hanya mengandalkan APBN hampir Rp500 triliun," kata Cak Imin sapaan akrabnya dalam debat cawapres di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, jika mengambil satu persen saja dari anggaran IKN maka bisa membangun jalan seluruh Kalimantan. Bahkan bisa membangun seluruh kota di Kalimantan.

"Dan yang paling penting infrastruktur yang untuk SDM, tiga persen saja dari seluruh anggaran IKN itu bisa membangun sekolah dengan baik di seluruh Kalimantan. Itu contoh kemampuan mengambil skala prioritas," kata Cak Imin.

Debat kedua Pilpres 2024 hanya akan diikuti oleh tiga kandidat cawapres yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Acara digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada Jumat (22/12) malam.

Adapun tema debat kedua yaitu ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Rekomendasi