TPN Prediksi Pilpres Dua Putaran, Klaim Peluangnya di Pasangan 02 dan 03

| 27 Dec 2023 22:33
TPN Prediksi Pilpres Dua Putaran, Klaim Peluangnya di Pasangan 02 dan 03
Konferensi pers strategi pilpres pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md oleh Deputi Politik 5.0 TPN, Andi Widjajanto (tengah) (ANTARA/Devi Nindy)

ERA.id - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD memprediksi pemilihan presiden akan berlangsung dua putaran berdasarkan data yang mereka miliki.

Deputi Politik 5.0 TPN, Andi Widjajanto di Jakarta, Rabu, memaparkan data yang dikelola kedeputiannya dari berbagai survei, untuk membuat prediksi analisis hingga 14 Februari 2024.

Terdapat tiga metode yang digunakan, mulai metode survei konvensional, forum group discussion (FGD) di beberapa puluh kota, dan media analitik yang digabungkan.

Ia menyebut pasangan calon Ganjar-Mahfud dalam posisi yang secara signifikan cukup baik jika menggunakan perbandingan dari tujuh hari lalu, dan data harian 1x24 jam.

Namun jika tidak ada kejadian yang mendadak, dan menggerakkan angka persentase dukungan secara signifikan, maka suara pasangan calon nomor 01,02, dan 03 akan stabil hingga 14 Februari 2024, yakni hari pencoblosan.

“Dan memang kalau pakai data objektif hari ini tampaknya kami harus mulai mempersiapkan strategi untuk putaran dua, yang tadinya kami optimis bisa menang satu putaran,” ujar Andi

Namun Andi mengungkap bahwa membutuhkan sesuatu yang luar biasa, terutama tadi kasus skandal blunder terutama dari pasangan lain terjadi di antara debat selanjutnya, jika ingin menang satu putaran.

“Kalau tidak terjadi sesuatu yang signifikan, maka peluang putaran dua tampaknya akan terjadi antara pasangan 02 dan 03,” ujar dia melanjutkan.

Dalam data yang diungkapkannya, posisi Ganjar-Mahfud secara signifikan membaik. Dengan perbandingan data tersebut, terjadi peningkatan dari posisi Ganjar sekitar 2 persen, dari gabungan metode triangulasi.

Tujuh hari lalu, Ganjar dalam posisi di 35 persen, dan dalam 24 jam terakhir ada di 37 persen.

Capres 02 Prabowo Subianto pada tujuh hari lalu ada di 42,6 persen, lalu hari ini ada di 41,1 persen.

Kemudian capres 01 Anies Baswedan pada tujuh hari yang lalu ada di 22 persen, lalu hari ini stabil di 21,7 persen.

Kemudian dari media analytic, Ganjar memiliki sentimen positif di angka 41,2 persen. Sementara Mahfud Md sentimen positifnya di 38,4 persen.

Sentimen negatif Ganjar ada di angka 15 persen, dan Mahfud ada di 18,6 persen.

Kemudian pada Anies sejak 24- 27 Desember, sentimennya relatif positif di angka 23,6 persen. Sementara Muhaimin masih pada sentimen negatif di 30,6 persen, yang sama persis dengan Prabowo.

Sementara Gibran sentimen negatifnya di 28,3 persen, dan sentimen positifnya 17,9 persen.

“Data-data ini yang kami amati terus menerus hari per hari akan ada update dari analytics kami, sehingga kami kemudian bisa mengarahkan Mas Ganjar dengan Prof Mahfud memainkan isu apa, narasinya seperti apa, komunikasinya apa, pada saat ke wilayah. Jika dilihat dengan perkembangan yang ada maka strategi kampanyenya, pemilunya tampaknya sudah bergerak di jalur yang tepat untuk 03,” ujar dia.

Rekomendasi