Ziarah ke Makam Bung Hatta, Mahfud MD: Beliau Wapres yang Anti Korupsi

| 03 Jan 2024 08:21
Ziarah ke Makam Bung Hatta, Mahfud MD: Beliau Wapres yang Anti Korupsi
Mahfud MD (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD berziarah ke makam Wakil Presiden (Wapres) pertama RI Mohammad Hatta alias Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2024).

"Hari ini, hari pertama kerja di 2024, saya tidak melakukan kegiatan lain tapi berziarah dulu ke makam Bung Hatta," kata Mahfud.

Dia mengaku memiliki semangat yang sama seperti Bung Hatta, sekaligus menjadi pengingatnya atas jasa-jasa Bung Hatta.

Selain itu, Mahfud mengaku sangat terkesan dengan pribadi yang sederhana dari Bapak Koperasi Indonesia tersebut. Menurutnya, Bung Hatta merupakan salah satu sosok pemimpin yang anti korupsi.

"Sebagai seorang wapres, beliau sangat anti korupsi, dan itu dibuktikan juga bahwa beliau tidak mau memakan menggunakan harta negara sepeserpun. Sehingga tindakannya untuk bersikap anti korupsi itu dibawa sampai wafat," kata Mahfud.

Di samping itu, Mahfud mengatakan, salah satu peninggalan penting dari Bung Hatta adalah konsep kepemimpinan Dwitunggal, saat memimpin Indonesia bersama Soekarno atau Bung Karno.

Dia mengatakan, apabila dirinya dan Ganjar Pranowo memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, konsep kepemimpinan dwitunggal ini akan diterapkan oleh keduanya karena cocok bagi kondisi bangsa Indonesia saat ini.

"Oleh sebab itu, saya kira siapapun pemimpin ke depan harus mengambil aspirasi, siapapun lah sapapun, dari dwitunggal ini," ucap Menko Polhukam itu.

Dalam kesempatan itu, Mahfud didampingi oleh keluarga Bung Hatta yakni Meutia Hatta, Gemala Hatta, dan Halida Hatta, serta beberapa cucu Bung Hatta.

Rekomendasi