Co-Captain AMIN Tom Lembong Klarifikasi Maksud Anies Soal Rp700 Triliun untuk Beli Alutsista Bekas

| 09 Jan 2024 16:25
Co-Captain AMIN Tom Lembong Klarifikasi Maksud Anies Soal Rp700 Triliun untuk Beli Alutsista Bekas
Thomas Lembong (Antara)

ERA.id - Co-Captain Tim Nasional (Timnas) AMIN Tom Lembong menjelaskan maksud calon capres nomor urut 1 Anies Baswedan sebut Rp700 Triliun anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) hanya untuk membeli Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) bekas, pada saat Debat Ketiga, Minggu (7/1/2024).

Tom menyampaikan bahwa anggaran yang dimaksud Anies Baswedan tersebut adalah angka akumulatif anggaran per tahun Kemenhan Rp140 triliun dikali lima tahun.

“Angka Kemenhan itu kira-kira Rp 140 triliun per tahun, dikali 5 tahun jadi Rp700 trillun. Beliau mengatakan sebagian membeli alursista bekas,” kata Tom di Surabaya dalam acara Diskusi Locker Room Timnas AMIN, Senin (8/1/2024) malam.

Mantan Menteri Perdagangan periode 2015-2016 itu menyebutkan bahwa setengah anggaran dari Rp700 triliunan yakni Rp300 triliun dialokasikan atau untuk membeli alutsista bekas. Karena itu Tim Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 1 Anies-Cak Imin ingin mengetahui transparansi anggaran tersebut.

“Beliau (Anies Baswedan) maksud bukan seluruh 700 triliun bukan dipakai untuk itu saja (alutsista bekas). Termasuk sisanya patut dipertanyakan,” jelasnya.

Oleh karenanya anggaran tersebut seharusnya harus dipertanggungjawabkan. Tom juga membela Anies Baswedan yang tidak sempat menjelaskan akumulasi jumlah anggaran tersebut karena terbatas waktu.

“Minimum dipertanggungjawabkan (anggaran Rp 700 miliar),”pungkasnya.

Rekomendasi