Ziarah ke Makam Bung Karno, Cak Imin Ngaku Sudah Komunikasi dengan Megawati Lewat Batin

| 12 Jan 2024 12:42
Ziarah ke Makam Bung Karno, Cak Imin Ngaku Sudah Komunikasi dengan Megawati Lewat Batin
Muhaimin Iskandar (Dok. Istimewa)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno di Blitar, Jawa Timur pada Kamis (11/1).

Cak Imin mengaku sudah berkomunikasi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, tapi lewat batin.

"Sudah, tapi komunikasi batin," kata Cak Imin kepada wartawan, dikutip Jumat (12/1/2024).

Mekipun belum berkomunikasi secara langsung, tetapi sesama ketua umum partai, dia dan Megawati punya hubungan yang baik.

Ketua Umum PKB itu bahkan berharap, ke depannya hubungan yang baik ini akan terus terjalin.

"Jadi belum, belum (komunikasi langsung dengan Megawati). Tapi saya sama Bu Mega ada kan hubungan ibu anak yang terajut lama ya. Bahkan kita sempat komunikasi teruslah di awal-awal koalisi dengan Mas Anies ini," kata Cak Imin

"Sehingga insyaallah kesini ya bu Mega bisa memahami hubungan baik kita," imbuhnya.

Adapun alasannya berziarah ke makam Bung Karno karena diperintah sejumlah kiai. Mereka menilai, Bung Karno merupakan sosok yang bisa menjadi panutan bagi calon pemimpin ke depan.

"Ada beberapa kiai yang merintah saya untuk segera sowan ke (makam) Bung Karno, karena Bung Karno adalah pendiri bangsa sekaligus ilmunya bisa menjadi pegangan kita, terutama gagasan-gagasan kerakyatan sekaligus nation building yang kita jaga, supaya kita enggak belok-belok," ujar Cak Imin.

Dia menambahkan, apabila dirinya dan Anies Baswedan memenangkan Pilpres 2024, mereka menyatakan bakal mengimplementasikan ajaran-ajaran bapak bangsa tersebut.

"Kalau AMIN menang, nanti Bung Karno sebagai inspirasi agar kedaulatan pangan, kedaulatan energi, kedaulatan ekonomi, kedaulatan budaya yang itu perintah Bung Karno kita laksanakan," ucap dia.

Rekomendasi