Alasan Ganjar Minta Isu Wadas Dibahas Saat Debat Keempat Pilpres 2024

| 15 Jan 2024 10:16
Alasan Ganjar Minta Isu Wadas Dibahas Saat Debat Keempat Pilpres 2024
Capres Ganjar Pranowo. (Antara)

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengaku, sangat berharap isu konflik  Wadas hingga pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah disinggung dalam debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Sebaiknya dibahas," kata Ganjar saat ditemui di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Minggu (14/1/2024).

Adapun konflik Wadas dan pambrik semen di Rembang itu terjadi di era kepemimpinannya saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

Dia menjelaskan, pembukaan penambangan batu andesit di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah yang belakangan menjadi konflik itu merupakan bagian dari Proyek Strategi Nasional (PSN).

Namun, sebagai pemerintah provinsi, dia memastikan konflik itu sudah dia selesaikan dengan baik. Termasuk konflik pembangunan pabrik semen di Rembang.

"Tentang semen rembang yang saya selesaikan, meskipun itu bukan pemerintah provinsi. Wadas itu saya selesaikan, itu PSN. Karena kami dilatih bertanggung jawab ya, dan selesai, Insyaallah selesai," kata Ganjar.

Menurutnya, penyelesaikan konflik di Wadas dibantu sejumlah pihak dengan pembayaran ganti rugi kepada warga yang terdampak.

"Nah, kami menyelesaikannya itu dengan baik," imbuhnya.

Meski begitu, politisi PDI Perjuangan itu juga menyinggung, ada beberapa proyek yang berkaitan dengan lingkungan yang ditolaknya saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

Diantaranya seperti pembangunan tambang emas di Wonogiri, hingga pabrik semen di Kebumen. Menurutnya, proyek-proyek itu tidak memenuhi syarat lingkungan.

"Tadi saya ceritakan, tahukan kalian, saya pernah menolak semen yang ada di Kebumen, saya tolak semen yang ada di Rembang tapi bukan yang itu, sata tolak tambang emas di Wonogiri karena tidak memenuhi syarat lingkungan," kata Ganjar.

Sebagai informasi, debat keempat Pilpres 2024 akan mengangkat tema energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Forum debat keempat itu akan diikuti oleh tiga calon wakil presiden (cawapres) yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, yang rencananya digelar pada Minggu (22/1) 

Rekomendasi