Ditanya soal Reforma Agraria, Gibran Puji Dirinya dan Ganjar: Dapat Predikat Kota Lengkap

| 21 Jan 2024 21:21
Ditanya soal Reforma Agraria, Gibran Puji Dirinya dan Ganjar: Dapat Predikat Kota Lengkap
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (Antara Foto/M Risyal Hidayat)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming menyebutkan saat ini sudah ada program one map policy untuk mengurangi sengketa dan mafia tanah. Sebab data base dan batas tanah sudah terdata secara digital.

"Kemarin saya dan Pak Ganjar juga sempat mendapatkan predikat Kota Lengkap di kota lengkap. Jadi Solo dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) sudah mendapatkan predikat Kota Lengkap," katanya Gibran dalam debat Cawapres di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Ia memastikan program reforma agraria akan dikuatkan dan disempurnakan. Ia menyebutkan saat ini sudah ada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang berhasil membagikan 110 juta sertifikat tanah. Padahal, dulu hanya 500 ribu sertifikat.

"Sekarang juga sudah ada program redistribusi tanah, tanah-tanah eks HGU disimpan di bank tanah untuk nanti diredistribusi ulang kepada para pengusaha dan petani lokal," kata Gibran.

Ia menegaskan one map policy menjadi sangat penting untuk mengurangi sengketa lahan. "Kuncinya digitalisasi," katanya.

Debat keempat KPU menampilkan tiga cawapres, yaitu Muhaimin Iskandar (cawapres nomor urut 1), Gibran Rakabuming Raka (cawapres nomor urut 2) dan Mahfud Md. (cawapres nomor urut 3).

Debat ini mengangkat isu-isu sumber daya alam, masyarakat adat, lingkungan hidup, energi dan agraria.

Rekomendasi