Sebut Gimik Gibran Saat Debat Tak Ada Artinya, Cak Imin: yang Penting Perbaikan Iklim Harus Terwujud

| 22 Jan 2024 18:30
Sebut Gimik Gibran Saat Debat Tak Ada Artinya, Cak Imin: yang Penting Perbaikan Iklim Harus Terwujud
Cawapres, Muhaimin Iskandar dan Capres Anies Rasyid Baswedan. (Antara)

ERA.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut, gimik yang dilakukan Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka tidak ada artinya dibandingkan substabsi dalam debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Gimik-gimik yang dilakukan oleh teman-teman atau oleh Gibran, enggak ada artinya. Yang penting cita-cita kita harus terwujud," kata Cak Imin di Depok, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

Dia mengatakan, yang terpenting adalah mematik kesadaran masyarakat bahwa kondisi iklim sedang tidak baik-baik saja. Sebab sedang terjadi bencana ekologis yang berdampak kepada kehidupan manusia.

"Bukan hanya ancaman nasional, tapi juga ancaman dunia. Paus Fransiskus saja menyatakan kita harus hentikan seluruh kelakuan-kelakuan, perusakan lingkungan yang berlebihan ini," ucapnya.

"Di sisi yang lain kita tidak boleh perusakan atas nama mencari kekayaan sendiri dari alam yang sudah kita panen. Itu intinya saya soal itu," imbuhhya.

KPU RI menggelar debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Jakarta, Minggu (21/1) malam. Debat mengangkat tema energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Debat keempat hanya diikuti oleh tiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Dalam forum debat, penampilan Gibran menjadi sorotan karena dianggap menyerang cawapres lainnya dengan istilah-istilah asing. Wali kota Solo itu bahkan sempat bergimik saat menanggapi jawaban Mahfud terkait inflasi hijau.

Rekomendasi