Kampanye PSI, Kaesang Sindir PDIP: Merahnya Sama tapi Beda, Ini Ketumnya Masih Muda

| 22 Jan 2024 20:32
Kampanye PSI, Kaesang Sindir PDIP: Merahnya Sama tapi Beda, Ini Ketumnya Masih Muda
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA)

ERA.id - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melakukan kampanye terbuka perdana di kota Solo, Senin (22/1/2024). Dalam kampanye perdana ini, Kaesang berorasi dalam bahasa Jawa pada para pendukungnya.

Kaesang berorasi kurang dari setengah jam. Ia meminta para pendukungnya untuk mencoblos PSI pada 14 Februari 2024 mendatang. Di hadapan ribuan massa pendukung PSI, Kaesang menyindir PDI Perjuangan.

"Sing penting tanggal 14 Februari ojo lali neng TPS nyoblos PSI. Abange podo tur bedo. Sing iki ketua umume sih enom, sih semangat. Aku yo ra brengosen, brengosku sitik (Yang penting tanggal 14 Februari jangan lupa ke TPS nyoblos PSI. Merahnya sama tapi beda. Yang ini ketua umumnya masih muda, masih semangat. Saya juga nggak berkumis, kumis saya sedikit)," kata Kaesang.

Kaesang juga meminta untuk memilih kakaknya, Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024 mendatang. "Sing penting mengko 14 Februari 2024 teko neng TPS, coblose PSI karo Mas Gibran. Janji yo, tenan lho ya (yang penting nanti 14 Februari 2024 datang ke TPS, coblos PSI dan Mas Gibran. Janji ya, tenan lho ya," ujarnya.

Selain orasi, Kaesang juga memperagakan cara mencoblos untuk pemilu mendatang. Ia mencontohkan mencoblos dengan surat suara yang dicetak besar dan membawa bambu panjang. Kaesang memperagakan dengan mencoblos pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Nek anyel karo Mas Gibran, coblosen raine (Kalau sebel sama Mas Gibran, coblos aja mukanya)," katanya.

Kaesang juga mengenalkan para calon legislatif (caleg) dari PSI. Baik dari pusat, Dapil 5 Provinsi Jawa Tengah dan caleg Kota Solo.

"Ojo lali nyoblos mas gibran, kepilih dadi wapres. Dadi wapres nggantikke pak Ma’ruf Amin. Aku titip PSI ya konco-konco neng kene. Tak kenalin caleg-calegku (Jangan lupa nyoblos Mas Gibran, kepilih jadi Wapres. Jadi Wapres menggantikan Pak Ma’ruf Amin. Saya titip PSI ya teman-teman, ini saya kenalkan caleg saya," katanya.

Sayangnya Kaesang tak mau memberikan pernyataan pada awak media pasca berorasi. Dia langsung bertolak ke agenda berikutnya di Karanganyar.

Rekomendasi