Ganjar Sarankan Mahfud MD Mundur Sebagai Kemenko Polhukam

| 23 Jan 2024 19:57
Ganjar Sarankan Mahfud MD Mundur Sebagai Kemenko Polhukam
Ganjar dan Mahfud pakai baju ala pecinta alam saat debat cawapres 2024. (tangkap layar Youtube KPU).

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo mengaku menyarankan Calon Wakil Presidennya (Cawapres) Mahfud MD untuk mundur dari jabatan menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam). Tujuannya untuk menghindari konflik kepentingan.

"Jadi kita sudah diskusi dengan beliau pada soal-soal ini agar fair, lebih baik mundur lah," kata Ganjar kepada wartawan di Kendal, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Menurutnya, di tengah tahun politik jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, penyalahgunaan wewenang rentan terjadi. Terutama jika calon yang dimajukan masih berstatus sebagai kepala daerah atau menteri.

"Itulah yang sejak awal kita bicara, apakah seorang yang sekarang menjabat di dalam jabatan publik, apalagi di level menteri itu mundur atau tidak. Gubernur, bupati, wali kota mundur atau tidak. Semua di jabatan publik. Ketika keputusannya tidak dan diperbolehkan maka ada potensi conflict of interest," kata Ganjar.

Ganjar mengaku, potensi konflik kepentingan seperti itu sudah didiskusikan bersama dengan Mahfud.

Terlebih menurutnya, sudah ada beberapa kasus pejabat publik yang menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan politik. Namun dia enggan mengungkapkan siapa pejabat yang dimaksud.

"Dengan beberapa kejadian, orang menggunakan fasilitas, menggunakan alat transportasi alasannya kunjungannya kunker tapi ternyata kampanye. Kan, rakyat bisa nilai itu. Maka kita sedang mengambil risiko itu. Maka saya sarankan mundur. Ubahlah aturan, termasuk Pak Mahfud," ujar Ganjar.

"Kalau aturan mau dibuat lebih bagus, pasti rakyat lebih senang. Karena tidak ada mengklaim apakah ini bansos milik kementerian, apakah berasnya milik kementerian. Itu enggak bisa lagi, semua orang akan merasa fair," imbuhnya.

Sebagai informasi, tiga pejabat publik tercatat masju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Diantaranya yaitu pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Keduanya masih menjabat sebagai menteri pertahanan dan wali kota Solo.

Lalu ada Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD yang kini menjabat sebagai menko polhukam.

Rekomendasi